Penjelasan lengkap tentang blogger

 

PENJELASAN LENGKAP TENTANG BLOGGER


Kali ini saya akan sekedar berbagi info tentang Blogger. Bukan maksud saya untuk menggurui atau ingin dianggap seorang blogger profesional. Saya hanya ingin sekedar berbagi tentang sesuatu yang saya ketahui. Karena saya juga masih cupu dalam dunia blogging. Lebih tepatnya sih berbagi pengalaman saja. Nah langsung saja kita simak.



Blogger adalah sebutan untuk mereka yang menulis di blog. Mereka menulis di blog dan bisa dibaca oleh pengguna internet. Mereka itu siapa ? Siapa yang boleh menjadi blogger? Mungkin pertanyaan itu sekarang sedang muncul di benak anda, jika anda baru kali ini mencari tahu tentang blogger. Saya jelaskan secara perlahan. Seorang blogger boleh menulis tentang apapun yang mereka ketahui. Asalkan tidak melanggar hukum dan ketentuan yang berlaku. Tulisan seorang blogger di blog tidaklah harus memenuhi kaidah penggunaan bahasa yang benar. Tergantung masing masing blogger ingin menyampaikan dengan seperti apa, yang penting maksud yang ingin disampaikan tersampaikan. Baik kita kembali lagi dengan pertanyaan “Siapa yang boleh menjadi seorang Blogger ?” . Semua orang dapat menjadi blogger, karena semua orang juga dapat membuat blog sendiri secara Gratisss. Bagi kamu yang ingin membuat blog maka baca artikel di bawah ini

Cara membuat blog gratis dengan mudah

Lalu anda mungkin bertanya, “mengapa seorang menulis di blog? Mengapa seorang menjadi blogger ? Apa untungnya ?”. Untuk menjawab semua itu, sekarang anda saya sarankan untuk duduk baik baik, ambil camilan, atau segelas kopi untuk menyimak ulasan ini hingga akhir, karena ini akan cukup panjang bagi kamu yang baru tahu tentang dunia blogging. Jika sudah mari simak penjelasan lengkapnya.


Menurut pendapat saya, alasan orang menulis di blog dibagi menjadi 2 kategori. Pertama, Karena Hobi menulis dan ingin menyalurkan bakat menulisnya kepada banyak orang.

Kedua, Karena ingin memperoleh uang atau penghasilan. Loh, jadi blogger bisa dapet penghasilan? Bisa!,Seorang blogger sangat mungkin untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulisnya.

Namun itu semua tak semudah membalikkan telapak tangan. Lantas, siapakah yang akan memberi penghasilan ? Pihak yang akan memberikan penghasilan adalah pihak pengiklan atau pihak yang memasang iklan di blog kita. Apakah ada yang akan pasang iklan di blog kita ?Tentu  Itu semua tergantung kualitas dari blog anda. Jika tulisan anda menarik dan banyak dikunjungi maka potensi anda mendapatkan uang dari blog semakin besar.

Pihak pengiklan bisa saja menghubungi anda dan mengajak kerja sama dengan cara pasang iklan di blog anda. Tentu saja pengiklan akan memasang iklan di blog yang sesuai dengan barang atau jasa yang ingin mereka promosikan. Jadi, usahakan jangan membuat blog “gado gado” atau blog yang isinya campuran. Selain itu, kamu bisa kerja sama periklanan dengan pihak ketiga.

Pihak ketiga yang paling terkenal adalah Google Adsense. Namun banyak orang yang gagal dalam permohonan kerja sama periklanan. Pihak google memang mempunyai aturan yang cukup ketat. Pihak Google adsense mempunyai kriteria tertentu untuk sebuah blog agar dapat bekerja sama periklanan. Sebenarnya ada banyak sekali kriteria agar diterima di google adsense, Namun menurut pengalaman saya, yang paling berpengaruh adalah kualitas artikel dari blog anda. Jika anda membuat blog Copy Paste, maka ini akan amat sulit untuk diterima. Dan itu juga kurang baik bagi blog kamu. Karena sulit juga untuk berada di laman pertama google sebagai blog copyan.

Jika kamu sudah diterima oleh google adsense dan iklan telah terpasang di blogmu, jangan sekali kali kamu mengklik iklan sendiri. Karena google adsense pasti akan tahu dan yang akan terjadi terhadap akun adsense mu adalah Dibanned. Saya sudah pernah terjadi seperti itu, kamu jangan sampai coba coba melakukan hal yang sama ya hehe. Oh ya, bagi kamu yang belum tahu cara daftar Google adsense kamu bisa baca tulisan di bawah ini


Ada juga pihak ketiga selain google adsense. Misalnya Kumpulblogger, popcash, dan masih banyak lagi. Tapi untuk harga  CPC (biaya per klik) yang termahal menurut saya adalah dari google adsense. Jika kamu sudah beberapa kali mengajukan permohonan google adsense tapi ditolak, maka tak ada salahnya untuk menggunakan jasa iklan lokal seperti di atas.



Saya sekedar sharing pengalaman dan cerita saja, bukan maksud pamer atau apalah, bisa anda jadikan motivasi dan semangat buat ngeblog.

Saya dulu pernah punya blog, selain blog ini. Blog lama saya memiliki topik yang campur campur karena blog copy an. Jujur, saya pertama ngeblog untuk mengumpulkan artikel tentang mata pelajaran di sekolah yang menurut saya penting. Dengan harapan, saya tak perlu lagi untuk memilah apa yang saya cari di berbagai blog.

Setelah cukup lama ngeblog, saya kemudian tahu bahwa ngeblog berpotensi menghasilkan uang. Kemudian mulai agak serius ngeblog, saya menulis cukup banyak artikel. Setelah dirasa cukup banyak artikel akhirnya saya daftar google adsense. Alangkah bahagianya, saya diterima.

Kemudian saya dengan segera memasang iklan di blog saya. Waktu itu banyak sekali yang saya pasang. Saya juga memasang iklan penelusuran. Karena saking senangnya, saya sangat sering mengecek blog saya melalui google. Karena penayangan saya yang waktu itu sedikit, dan ingin cepat mendapatkan uang, lalu saya mengklik sendiri iklan saya.

Saya ingat sekali, Saya mengklik iklan saya sampai penghasilan saya menjadi Rp. 10.087. kemudian penghasilan saya mentok, dan iklan adsense tidak mau muncul di blog. Lalu saya sadar bahwa akun adsense saya dibanned. Kemudian saya sempat patah hati. Dan sangat down.

Kemudian saya berusaha bangkit dengan membuat blog baru, dengan harapan reputasi baru. Namun, Saya mengawali dengan menulis artikel sendiri. Meskipun terkadang yang saya tulis merupakan rangkuman dari berbagai sumber , baik dari buku maupun dari internet. Saya sempat berfikir untuk meninggalkan dunia blogging.

Itu pernah terjadi, saya vakum sekitar hampir setahun. Kemudian setelah lama tidak ngeblog, saya rindu :D, saya membuka kembali blog saya. Saya sangat takjub, karena ternyata viewer blog saya kala itu sedang melambung tinggi. Kemudian saya memberanikan diri untuk mendaftar ke google adsense. Harapan dan ekspektasi saya sudah sangat tinggi untuk diterima.

Tapi tahukah kamu yang terjadi ? pengajuan saya ditolak. Saya ditolak dengan alasan artikel tidak memadai. Setelah menerima email itu, saya tak memposting artikel lagi. Namun justru kembali mengajukan  ke google adsense. Alangkah senangnya saya ternyata diterima kerja sama periklanan dengan google adsense. Padahal, saya tidak menambah artikel apapun di blog saya. Saya juga bingung, namun saya senang karena diterima kerja sama google adsense.

Kemudian saya mengesampingkan rasa kebingungan tersebut hehe. Semua tertutupi oleh rasa senang :D. Saya kemudian teringat kejadian dahulu, ya benar sekali, tentang akun adsense saya yang pernah dibanned. Saya kemudian mantab untuk tidak mengklik iklan sendiri :D. Karena sudah tahu sendiri efeknya. Semoga memotivasi kamu yaaa :D.


Bagaimana Cara mendapat penghasilan dari blog ?

Ada beberapa cara anda mendapat penghasilan dari kerja sama periklanan.

Cara Pertama, anda mendapat penghasilan langsung dari pengiklan, yaitu dengan melakukan penawaran harga langsung. Penawaran terjadi sampai terjadi kesepakatan kedua pihak. Jika telah sepakat, anda mendapat penghasilan dari pemasang iklan langsung, lalu anda menampilkan iklan pihak tersebut di blog anda.

Cara kedua, seperti yang sudah saya sampaikan di atas anda bisa bekerja sama dengan pihak ketiga. Jika bekerja sama dengan google adsense anda akan mengenal istilah penting yaitu CPM dan CPC. Anda akan dibayar sesuai perhitungan tersebut.


Apa itu CPC (BPK) dan CPM(BPS)

CPC (cost per click) atau jika dalam bahasa indonesia berarti BPK (biaya per klik). Artinya anda akan mendapat bayaran dengan perhitungan jumlah klik.

Harga satu klik masing masing iklan berbeda beda. Untuk harga pasti, yang paling tahu adalah piha google adense dengan pihak yang memasang iklan. Kemudian CPM (cost per million) atau jika dalam bahasa indonesia artinya BPS (biaya per seribu). Nah, CPM berbeda dengan CPC. Anda akan dibayar oleh google adsense setiap seribu kali tayang.


Keuntungan Jadi blogger

Menjadi seorang blogger memiliki beberapa keuntungan. Pertama, anda jadi semakin mahir dalam membuat tulisan yang enak untuk dibaca. Kedua jika Blog sudah besar dan memiliki Pageviews per hari sudah ribuan, anda bisa berpenghasilan. Memang jika anda menjadi seorang blogger anda bisa menjadi suksedan berpenghasilan cukup banyak.

Namun, jika anda masih seorang blogger pemula, jangan terlalu bernafsu untuk fokus di berpenghasilan melimpah dan kaya mendadak. Jangan sampai anda punya pemikiran bahwa menjadi blogger bisa jadi orang kaya dalam waktu singkat. Menjadi seorang blogger sukses adalah bagi mereka yang tekun dan memiliki kesabaran yang tinggi. Banyak blogger sukses yang harus bertahun tahun bersabar tanpa menghasilkan apa apa dari blog. Setelah bertahun tahun mereka baru dapat menikmati hasilnya.


Penyebab Kegagalan Jadi Blogger Sukses

Menurut analisis saya, penyebab banyak blogger yang “gagal” adalah terlalu bernafsu untuk mendapatkan uang dari blog. Mereka terlalu fokus pada menghasilkan uang sampai lupa untuk memperhatikan kualitas blog dan tulisan. Banyak orang yang ingin posting banyak di blog dengan cara copy paste atau tak mau menulis sendiri.

Jika anda tak suka menulis, maka janganlah punya keinginan jadi blogger kecuali anda mau untuk belajar. Mulailah untuk memperbaiki kualitas artikel anda. Perbanyak postingan setiap hari (kalo bisa). Menjadi blogger bukan cara untuk menjadi kaya dalam waktu singkat. Jika kamu menjadi blogger dengan tujuan awal adalah mendapat uang, maka pasti akan cepat bosan, mungkin 1 bulan sudah males ngeblog. Menjadi blogger sukses adalah bagi mereka yang tekun, sabar, dan mau belajar. Jadi, saran saya adalah menulislah dengan hati, jangan merasa terbebani dengan menulis artikel. Karena jika sudah suka akan terbiasa. Biarkan pengunjung anda menjadi banyak, barulah anda mulai untuk memikirkan penghasilan dari blog anda.


Susah Senang jadi blogger

Menjadi blogger tentu memiliki rasa susah dan senang. Susahnya adalah ketika kamu baru mengawali menjadi seorang blogger. Tentu akan sangat melelahkan. Akan menguras waktu, tenaga, dan biaya. Namun, itu akan terbayarkan dengan penghasilan yang kita dapat asalkan tekun, sabar, dan mau terus belajar. Menjadi blogger adalah suatu pekerjaan yang tidak mudah, namun tidak juga mustahil. Tergantung dari kita, sebesar apa perjuangan kita untuk menjadi seorang blogger.

Bagaimana Cara membuat Blog gratis ?

Cara untuk membuat blog gratis adalah sangat mudah. Yang anda butuhkan adalah email. Pertama, kunjungi link blogger.com. Kemudian pilih tulisan “buat blog baru”. Lalu masukkan email kamu. Jika sudah, kamu akan disuruh untuk membuat judul dan url. Buatlah sesuai kemampuan dan keinginanmu. Jangan memaksakan membuat konten yang sulit untuk kamu lakukan. Jika sudah membuat judul dan url maka blog telah siap. Selamat menulis!

Penutup


Terima kasih telah berkunjung di blog jalan badak. Bukan maksud saya untuk menggurui atau agar dibilang blogger profesional. Saya hanya ingin sekedar bebagi tentang sesuatu yang saya ketahui. Barangkali ada yang membutuhkan, kan lumayan. Jika ada kritik, saran, dan masukan, silakan di kolom komentar ya.
salam jalan badak ! :D

artikel terakhir diupdate 8 desember 2018

Baca juga : Hal-hal yang pasti dialami blogger, Pemula wajib tahu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan lengkap tentang blogger"

Post a Comment