Tips dan Trik Bagi Kamu yang ingin Juara OSN 2017, tips menang osn, tips menang dan juara osn 2017

Tips dan Trik Bagi Kamu yang ingin Juara OSN 2017



hai pembaca setia blog Jalan Badak !
OSN (olimpiade sains nasional) memang sesuatu yang sangat seru untuk dibahas. karena bisa memacu semangat kita dalam belajar. selain itu, di dalam cerita para juara OSN juga turut memberikan stimulus atau rangsangan kepada kita untuk senantiasa belajar. 

OSN memang suatu perlombaan yang sangat diminati, apalagi di tingkat SMA. para pelajar di tingkat SMA berlomba lomba memperebutkan medali di ajang OSN, demi mempermudah jalan mereka memperoleh perkuliahan. seperti info yang admin baca di http://www.mediaindonesia.com/news/read/61510/peraih-emas-osn-masuk-ui-1/2016-08-16, para peraih medali emas OSN bebas masuk UI (Universitas Indonesia) tanpa seleksi masuk. ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi para calon peserta OSN. bagaimana tidak gembira, bisa masuk Universitas Indonesia memang dambaan banyak siswa di indonesia, lantaran latar belakang UI yang patut dibanggakan. 

nah sekarang kita akan membahas tentang motivasi bagi kamu yang ingin juara osn. berikut ulasan menurut blog jalan badak.



Tips  Bagi Kamu yang ingin Juara OSN

1. Perbanyak Membaca Buku dan Materi tentang mapel OSN yang ingin kamu kuasai

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan jika ingin juara OSN adalah menambah jam belajar tentang mapel OSN yang ingin kamu kuasai. Kamu bisa membaca sendiri materi yang ingin kamu kuasai. Perlu diketahui, agar kamu juara OSN kamu tak harus memiliki guru privat atau guru yang khusus OSN. Jika kamu tak memiliki guru privat OSN maka, itu tak menjadi masalah. Namun, kamu harus banyak menghabiskan harimu untuk memperdalam materi OSN sendiri. Tambah jam belajarmu tentang mapel OSN tersebut. Buatlah jadwal jam belajar tentang materi OSN. Misalnya, kamu belajar mapel OSN sehari antara 2 atau 3 jam. Nah, kamu harus membiasakan hal tersebut dalam jangka waktu lama. Hingga kamu terbiasa belajar mapel OSN tanpa beban. Belajarlah secara terus menerus. Jangan cuma belajar kalau lagi pengen saja. Kamu harus memotivasi belajar kamu dengan mimpi meraih medali dan membanggakan orang tua. 

Kemudian, Kamu bisa ikut bimbingan tentang OSN di sekolahmu, jika ada. Kamu harus memprioritaskan pemahaman tentang mapel OSN tersebut daripada memikirkan cara cepatnya. misalnya, kamu ingin juara  OSN fisika, lalu kamu mempelajari cara cepat tentang suatu soal. ternyata benar dan waktunya singkat. Namun apakah kamu yakin cara cepat tersebut bisa dipakai untuk semua soal fisika ? saya yakin tidak. Jadi, kamu harus memprioritaskan tentang pemahaman. Jika kamu sudah benar benar faham tentang materinya, maka jika soal di bolak balik atau di rumitkan, Kamu akan tetap bisa mengerjakan. Jadi ingat, kuasai pemahaman.




2. Sharing Tentang OSN Dengan Guru Atau Teman

Kamu bisa sharing dengan temanmu atau gurumu mengenai OSN. Kalau bisa, cari dan bergabunglah dengan anak anak yang ikut OSN. Lalu buatlah kelompok belajar. Dengan kamu membuat kelompok belajar dengan anak anak OSN, akan sangat membantumu dalam memperdalam penguasaan materi. Kamu bisa lebih mudah menanyakan sesuatu yang kurang kamu pahami. Ini bukan berarti kamu bergantung pada temanmu. Ini adalah kelompok belajar, yang intinya saling menyemangati satu sama lain. Meskipun mempunyai tujuan yang sama, yaitu juara OSN. Kamu pasti juga turut senang jika kamu ataupun temanmu dapat meraih medali di OSN. Karena OSN tidak cuma 1 medali. OSN membagikan banyak medali. Jadi, potensi untuk kamu dan temanmu menjadi juara cukup besar, namun jika kamu mau berusaha dengan keras. Sharing dengan teman atau gurumu juga membantumu dari segi psikis. Kamu akan menganggap kamu tidak sendirian. Ini akan membuatmu semakin percaya diri. Dengan meningkatnya kepercayaan dirimu, diharapkan kamu semakin termotivasi dalam meraih juara OSN.


3. Ikut Kompetisi Tentang Mapel OSN yang Diadakan Oleh Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi seringkali mengadakan kompetisi tentang mapel OSN. Beberapa mapel OSN yang sering diadakan kompetisi di perguruan tinggi dalam tingkat SMA adalah diantaranya, fisika, kimia, dan biologi. Mapel lain juga sering, namun menurut admin, mapel yang paling sering adalah mapel tersebut. Kita tahu bahwa, perguruan tinggi di indonesia yang sering mengadakan kompetisi sangatlah banyak, misalnya UNAIR, ITS, UISI, ITB, dan masih banyak lagi. Nah, dengan banyaknya kompetisi yang diadakan, kita bisa memanfaatkan hal ini sebagai latihan dalam menghadapi kompetisi sesungguhnya, yaitu OSN. Sebagian besar kompetisi yang diadakan oleh perguruan tinggi berskala nasional. Tentu ini sama dengan OSN yang diadakan tingkat Nasional, hanya saja bedanya diadakan oleh perguruan tinggi. 

Seperti yang sudah admin katakan tadi, kamu bisa mengikuti kompetisi tentang mapel osn yang diadakan perguruan tinggi sebagai latihan menghadapi OSN. Jika kamu kalah dalam kompetisi tersebut kamu tak perlu minder dan malah memutuskan untuk tak melajutkan perjuangan. admin katakan JANGAN! Jika kamu kalah, kamu mendapatkan banyak hal :

a. Pengalaman Mengikuti Kompetisi
Jika kamu ikut kompetisi dan kalah, kamu tak perlu bersedih. Setidaknya kamu sudah mempunyai pengalaman mengikuti kompetisi. Mungkin di kompetisi selanjutnya kamu lebih bisa mempersiapkan diri. Lebih bisa menyiasati soal. mana yang harus didahulukan dan mana yang harus dikerjakan belakangan. Jadi, kamu sudah memiliki pengalaman ikut kompetisi.

b.Sertifika (Meskipun sebagai peserta lomba)
Jika kamu ikut olimpiade yang bertaraf nasional namun bukan OSN, kamu pasti akan diberikan sertifikat oleh penyelenggara, meskipun kalah. Karena menurut beberapa sumber yang admin dengar, Sertifikat lomba sebagai peserta olimpiade yang berskala nasional turut menjadi pertimbangan dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Kamu bisa memanfaatkan itu! 

c. Tidak Berpuas Diri
Selanjutnya, jika kamu kalah dalam lomba, kamu akan merasa kurang bekerja keras jika ingin jadi juara. Akibatnya kamu akan semakin menambah jam belajarmu tentang mapel OSN. Kamu akan semakin semangat mengejar impianmu.jadikan kekalahanmu itu sebagai batu tolakan untuk menjadi juara di kompetisi sesungguhnya.


4. Memperdalam Materi OSN Melalui Berbagai Sumber

Kembali lagi admin sarankan jika kamu ingin menjadi juara OSN adalah dengan memperdalam pemaham tentang materi yang diujikan dalam OSN. Di jaman yang semakin modern ini kamu tak hanya bisa belajar dari buku. kamu bisa belajar dari sumber lainya yang bisa saja kamu lebih mudah paham dari sana. Sumber yang dapat kamu pelajari selain buku adalah website atau blog di google (atau orang biasa menyebutnya mbah google hehe), kemudian Video di youtube. Google memang menyimpan banyak sekali manfaat untuk  kita, namun kita juga harus selektif dalam memilih sumber blog nya. Karena sekarang banyak blog atau website yang main copy paste tanpa tahu isinya. Ada juga blog yang menebarkan hoax. jadi hati hati ya, tetap selektif. Kemudian Youtube, sekarang ini youtube memang sedang trends dan menjadi salah satu aplikasi terpopuler. Setiap hari selalu ada orang yang menonton maupun mengunggah video di youtube. Semakin banyak orang mengunggah video di youtube, semakin beragam pula isinya. Salah satunya adalah Video Pembelajaran tentang soal soal OSN. Disini kamu bisa memanfaatkannya. Kamu bisa memilih video penjelasan yang kamu minati. Karena banyak sekali video tutorialnya. Diharapkan kamu bisa lebih cepat paham tentang yang kamu pelajari.


5. Latihan Soal Soal

Setelah kamu merasa cukup menguasai materi, kamu harus menguji kemampuanmu. Ujilah pemahamanmu dengan cara latihan soal soal. Dengan berlatih soal soal, kamu bisa lebih mengerti karakter dan maksud dari suatu soal. Jika kamu tak mengerti jawaban dari soal yang kamu kerjakan, kamu bisa menanyakan jawabannya dengan gurumu, atau sharing dengan temanmu. 

Jika kamu sudah paham betul tentang materi tersebut, mulailah untuk mengatur waktu pengerjaan soal. Karena menejemen waktu yang baik turut berperan dalam langkahmu menjadi juara OSN. Contoh latihan yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara mengerjakan suatu contoh soal olimpiade dengan menggunakan batasan waktu. Begini, bautlah alarm dalam waktu tertentu yang menjadi target waktumu dalam mengerjakan soal. Jika kamu belum mampu mengerjakan soal tersebut sesuai waktu standarnya, maka kamu harus lebih banyak latihan soal soal, untuk mempermudah langkahmu. Jangan sampai, kamu sudah faham materi namun buruk dalam menejemen waktu. Ini akan sangat merugikanmu dan lebih sakit rasanya jika, Kamu yakin bisa mengerjakan suatu soal namun kamu tak sempat mengerjakannya karena keterbatasan waktu. Jadi, optimalkan waktumu yaa.

6. Berdoa Dan Mohon Restu Orang Tua

Hal terakhir yang harus kamu lakukan dan yang tak kalah penting, jika kamu ingin juara OSN adalah Berdoa dan memohon restu orang tua. Ingatlah tentang sang pencipta sebagai pemilik segalanya. Kamu harus tetap menunjukkan sikap rendah hati agar setiap langkahmu diridoi oleh-Nya. 

Kamu bisa menguatkan mentalmu dengan cara memperdalam ilmu agama. Karena spiritual yang baik akan membuatmu sebagai pribadi yang kuat dan tangguh. Kamu menjadi lebih percaya diri namun masih menampakkan nilai nilai luhur rendah hati. Selain itu Restu Orang Tua juga sangat berpengaruh. Doa tulus kedua orang tua insyaallah akan diijabah oleh allah swt. Jangan juga menyakiti hati orang tuamu, karena bisa saja mereka kalap dan mendoakan sesuatu yang kurang baik (tapi insyaallah orang tua akan tetap mendoakan yang baik baik, amiin).


Nah, Tadi adalah tips bagi kalian yang ingin jadi juara OSN. semoga bermanfaat.
jika ada kritik, saran, dan masukkan silakan utarakan di kolom komentar ya..

salam Jalan Badak

Penulis : Ahmad Adifani

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik Bagi Kamu yang ingin Juara OSN 2017, tips menang osn, tips menang dan juara osn 2017"

Post a Comment