TIPS DAN TRIK SUKSES DITERIMA SEBAGAI SISWA SMAN 1 TUBAN

TIPS DAN TRIK SUKSES DITERIMA SEBAGAI SISWA SMAN 1 TUBAN


Sma bagi sebagian orang dianggap sebagai pintu gerbang menuju masa depan. Setelah lulus Sma kita disarankan untuk melajutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dalam proses masuk ke perguruan tinggi, almamater sekolah turut menjadi patokan kualitas siswa. Sekolah yang memiliki akreditasi A akan mendapat kuota yang lebih banyak dibanding akreditasi B atau pun C. Nah disini tentunya kita mulai berfikir untuk mendapatkan  Sma yang bagus, berkualitas, dan berakreditasi A. Kali ini admin akan membagikan unggahan tentang salah satu sekolah yang berkriteria di atas, di daerah Tuban, jawa timur. Sma negeri 1 tuban, sebagai sekolah rujukan nasional telah terbukti menghasilkan bibit unggul generasi emas. Sebagian besar siswanya diterima di berbagai universitas terkemuka di indonesia. Baik negeri, swasta, maupun ikatan dinas.

Dengan riwayat keberhasilan tersebut banyak yang ingin bersekolah di sana tanpa terkecuali admin sendiri (alhamdulilah sudah masuk :)). Namun banyak yang gagal juga masuk di sana. Dulu waktu saya ikut tes masuk saya sempat minder dan pesimis bisa diterima. Pasti sekarang kalian juga punya perasaan yang demikian kan hehe.

baca juga : Mending IPA atau IPS

Nah, admin akan memberikan tips dan trik agar diterima sebagai siswa Sman 1Tuban.

    1.   Persiapan Yang Matang
jika sekarang anda sedang berada di kelas 9, anda masih punya waktu kurang dari satu tahun untuk bisa lolos tes masuk. Mulailah untuk memanajemen waktu anda. Tambahlah jam belajar, terutama fokuskan di mapel  UN dan mapel yang diikutsertakan dalam seleksi masuk. Jika anda mempunyai ekskul, anda tetap harus memprioritaskan pendidikan sekolah. contoh kasus, ada beberapa teman saya yang aktif di ekskul dan memperoleh berbagai prestasi non akademik, namun tak lolos seleksi  masuk sman 1 tuban. Mengapa ? karena nilai tes yang kurang mencukupi. Apa penyebabnya ? karena terlalu fokus di non akademik dan terlalu yakin masuk (tanpa diimbangi persiapan yang cukup).
Mulai sekarang, tambah jam belajarmu. Jam pelajaran di sekolah admin rasa kurang cukup. Karena mapel yang diajarkan di sekolah sangatlah banyak, namun tak semuanya diikutkan tes. Bagi waktumu, waktu belajar dan waktu bermain. Jangan sampai juga terlalu semangat belajar membuatmu lupa dengan dunia sekitar. Kamu juga harus bersosialisasi dengan teman, guru, dan orang tua.
Harus ikut bimbel ?
kalo admin katakan sih, tidak. Dengan catatan anda mau untuk menambah jam belajar sendiri. Jika anda tak ikut bimbel namun tak mau belajar, ya pasti akan kalah dengan anak yang ikut bimbel. Apalagi jika mereka masih menambah jam belajarnya.
Intinya persiapan yang harus anda lakukan adalah menambah jam belajar di mapel UN dan mapel yang diujikan. Namun, jangan serta merta melupakan mapel lainnya. Admin mengatakan disini adalah menambah jam belajar di mapel UN dan mapel yang diujikan, buka justru anda mengurangi jam belajar mapel lain, agar terlihat jam belajarnya lebih di mapel UN dan mapel yang diujikan.
    2.   KONSULTASI KE GURU PEMBIMBING ATAU GURU BK
Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah konsultasi ke guru pembimbing atau guru bk. Karena seorang guru akan lebih mengerti seberapa kemampuan anda sebagai murid. Apakah anda bisa lolos seleksi atau tidak. Guru juga akan melihat grafik nilaimu selama belajar. Jika dirasa kamu mampu, pasti akan disarankan untuk ikut seleksi masuk Sman 1 tuban. Namun jika gurumu mengatakan kamu belum mencukupi untuk ikut seleksi di sana, kamu juga harus mendengarkan kata katanya. Kamu harus mulai introspeksi diri dan menyadari. Jika gurumu mengatakan kamu belum mampu untuk masuk di sana, maka pilihlah sekolah yang notabene berada sedikit di bawahnya. Jangan berkecil hati ya. Kamu masih bisa memperoleh perguruan tinggi yang bagus dari sekolah manapun asalkan mau belajar. Admin mengutip satu kalimat bahwa “kerja keras tidak akan menghianati hasil atau hasil tidak akan menghianati kerja keras”. Jiak gurumu mengatakan kamu mampu untuk lolos seleksi, maka cobalah melakukannya.
    3.   Berdoa dan ridho orang tua
Yang terkahir dan yang tak kalah pentingnya adalah berdoa dan ridho orang tua. Jika kamu sudah belajar dengan sungguh sungguh kamu sudah beriktiar. Jika kamu sudah konsultasi dengan gurumu, berarti kamu sudah memiliki sikap rendah hati (karena terlalu yakin masuk juga kurang baik, maka konsultasilah dengan gurumu). Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berdoa. Jangan lupa untuk meminta doa restu orang tua. Karena tanpa mereka semua usahamu bisa saja musnah dengan kehendak allah. Jangan sekali kali menyakiti hati orang tuamu, bisa saja saat marah, mereka kalap dan mendoakan yang jelek kepadamu (insyaallah orang tua selalu mendoakan yang baik).
Kalo bisa ya puasa senin kamis. Sholat tahajud juga. Karena allah maha pemilik segalanya. Apapun akan diberikan kepadamu asalkan kau bersungguh sungguh.

Kalo menurut admin sih 3 tips diatas sudah cukup untuk memperlancar jalanmu lolos seleksi  masuk Sman 1 Tuban. Semoga bermanfaat ya.
Share artikel diatas kalo menurutmu bermanfaat


Salam jalan badak!
artikel terakhir diupdate 8 desember 2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS DAN TRIK SUKSES DITERIMA SEBAGAI SISWA SMAN 1 TUBAN"

Post a Comment