7 cara yang harus pemula lakukan agar menjadi pesilat hebat dan tangguh

Tips Menjadi Pesilat Tangguh



Sekarang ini banyak sekali terjadi tindak kekerasan. Terutama terhadap perempuan dan anak. Apa yang harus kita lakukan sebagai korban tindak kekerasan, atau orang yang berpotensi menjadi korban tindak kekerasan ? Ya, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan cara membentengi diri dengan ilmu bela diri. Berhubung kita tinggal di indonesia, di negara yang menyimpan banyak sekali warisan budaya bangsa. Tak terkecuali dalam seni bela diri. Silat, sebagai ilmu bela diri budaya bangsa akan senantiasa menjadi pilihan kita ketika mencari benteng perlindungan ilmu bela diri. Jika kamu mempelajari Silat secara mendalam, bukan hanya gerakannya saja, kamu akan mendapat banyak sekali hal positif. Baik secara lahir maupun dari segi batin. Nah ketika kamu mempelajari silat, kamu tentu berharap menjadi seorang pesilat yang tangguh, ya kan ? Itu tentu saja menjadi dambaan setiap pesilat, baik di dalam maupun luar negeri. Lalu bagaimana tips agar menjadi pesilat yang tangguh ? berikut ulasannya menurut blog jalan badak.

Baca Juga  Tips Menjadi Pesilat Tangguh dan Hebat bagi Pemula

1. Rajin Latihan Secara Rutin dan Terus Menerus

Hal dasar yang paling pokok agar kamu menjadi seorang pesilat yang tangguh adalah dengan rajin latihan secara rutin dan terus menerus. Kamu harus berlatih dengan terus menerus. Jangan malas latihan, jika kamu ingin menjadi pesilat yang tangguh. Apabila kamu sedang sakit namun tak telalu parah, kamu bisa saja datang ke tempat latihanmu, Setidaknya kamu akan mendapat materi baru dan tidak ketinggalan materi. Tapi kalo memang tidak kuat hadir, ya kamu boleh meminta ijin kepada gurumu. jangan juga memaksakan tubuhmu.

Rajin latihan secara terus menerus juga akan membuat tubuhmu semakin kuat dalam seni bela diri. Berbeda dengan mereka yang malas malasan latihan. Hari ini latihan, besok tidak, tergantung mod. Jangan! Apabila kamu sering tidak ikut latihan, maka harapan kamu untuk menjadi pesilat yang tangguh akan tinggal kenangan saja. Jadi ingat ya, Latihan yang rutin!


2. Patuh Terhadap Guru

Seorang pesilat hebat dan tangguh tidak akan melupakan sang  guru meskipun karirnya sudah besar. Kita sebagai seorang pesilat, harus memiliki rasa patuh dan hormat terhadap guru. gurumu juga pernah menjadi seperti kamu sekarang ini. Jadi mereka akan lebih tahu, mana yang kamu butuhkan. Oleh karena itu, jika gurumu memerintahkan sesuatu hal yang harus kamu lakukan, maka kerjakanlah asal itu  tidak melanggar HAM, Hukum, dan Agama.

Selain itu, kamu juga harus menanamkan rasa hormat pada guru. Jadilah pesilat yang memiliki sopan santun. Sikap yang baik tentunya akan menjadikan dirimu dipandang menjadi orang baik pula. Kesopanan dan rasa hormat akan membuatmu tidak memiliki musuh.

Baca Juga  Tips Menjadi Pesilat Tangguh dan Hebat bagi Pemula


3.Tidak Sombong dan Tidak Suka Pamer

Sebagian dari kita yang sebagai pesilat pemula, atau baru ikut dalam dunia seni bela diri pencak silat, akan suka melakukan gerakan gerakan di luar jam latihan. Sebenarnya kamu boleh menambah jam latihanmu, sangat boleh. Namun, bila kamu melakukan gerakan gerakan silatmu di hadapan temanmu dengan tujuan pamer dan agar dibilang keren. Maka saya sarankan jangan kamu lakukan. Karena ketika kamu memamerkan gerakan silatmu, padahal tidak ada musuh yang menyerang atau dalam keadaan bahaya, akan ada orang yang merasa bahwa kamu sombong dan ingin mencari musuh. Tentu ini bukanlah mental pesilat tangguh. Para pesilat hebat hanya akan menggunakan ilmunya untuk sesuatu yang perlu, misalnya melawan perampok, melawan begal, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin menunjukkan bakatmu, maka tunjukkanlah di kompetisi atau perlombaan yang sesungguhnya.


4.Sebisa Mungkin Menghindari Perkelahian, Jika Dirasa Tak Berguna

Sebagai pesilat tentunya kamu ingin mempergunakan ilmumu. Kamu akan sangat ingin mencoba melakukan suatu pertarungan. Namun, saya rasa kamu harus menurunkan egomu. Jangan sengaja mencari gara gara dengan seseorang atau temanmu, dengan tujuan mencoba ilmu. Jika kamu kalah dalam pertarungan kamu akan diejek, namun jika kamu menang kamu akan dianggap sebagai orang yang semena mena karena sengaja mencari gara gara. Istilahnya sih, kamu jadi orang yang "mentang mentang" atau pengen menang sendiri.

Jika ada seseorang yang sengaja menantangmu, maka sebisa mungkin kamu harus menghindarinya. Berpedomanlah pada istilah "ngalah, ngaleh, ngabekti". Meminta maaflah terlebih dahulu pada si penantang jika kamu punya salah. Jika dia tetep ngotot pengen bertarung denganmu, ajaklah dia kepada gurumu. Ajak dia bertarung dengan ada wasit sebagai pengadil. Namun, anggaplah ini sebagai pertarungan persahabatan. Jangan terlalu mengutamakan menang dan kalah. Itung Itung nambah persaudaraan. Karena jika kamu melakukan tarung bebas yang tidak ada gunanya, akan menimbulkan efek negatif. Bisa mengakibatkan tawuran, jika masing masing pihak mengajak kelompok masing masing.


5.Sering Bertanya Kepada Senior


Selanjutnya agar kamu menjadi pesilat yang hebat dan tangguh, kamu juga harus rajin bertanya kepada senior. Karena biasanya sebagian pesilat pemula, malu-malu jika bertanya langung dengan gurunya. Seniormu, atau seorang yang tingkatan ilmu silatnya lebih tinggi darimu, lebih tahu tentang keadaanmu sekarang. karena mereka juga pernah melewati masa masa menjadi dirimu. Kamu boleh bertanya tentang apapun. Misalnya, tentang tips melewati tantangan yang diberikan oleh gurumu. Jadi , kamu akan lebih mudah dan cepat melewati semua rintangan. Namun, jangan terlalu berambisi menjadi pesilat hebat dan tangguh dalam waktu singkat. Kamu harus punya sifat sabar. Perlahan namun pasti, lebih baik dari pada cepat namun kurang matang.



6.Menjaga Asupan Makanan Bergizi


Untuk menjadi seorang pesilat yang hebat dan tangguh kamu juga harus menjaga asupan makanan, terutama makanan yang bergizi. Laihan silat akan menguras energimu, maka kamu harus menjaga asupan nutrisi tubuhmu agar berimbang. Asupan makanan bergizi yang cukup, akan meningkatkan kekebalan tubuhmu, jadi kamu bisa lebih berenergi dalam latihan. oleh karena itu, jaga asupan makanan bergizimu ya.



7.Tidur yang Cukup


Kemudian yang terakhir dan yang tidak kalah pentingnya agar kamu bisa menjadi seorang pesilat yang hebat dan tangguh adalah dengan mengatur waktu tidur. Kamu juga membutuhkan tidur yang cukup. menurut sumber yang admin baca, http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2695546/berapa-jam-tidur-yang-sehat tidur yang cukup bagi manusia adalah sekitar 6,5 - 7,4 jam  per hari. Optimalkan waktu tidurmu ya. karena saat kamu tidur, tubuhmu melakukan banyak sekali perbaikan.



Penutup

Nah, diatas tadi adalah tips bagi kamu pesilat pemula yang ingin menjadi seorang pesilat yang hebat dan tangguh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya..

untuk saran, kritik, dan masukan, kamu bisa utarakan di kolom komentar. komen dengan sopan pasti akan admin jawab kok.

Baca Juga  Tips Menjadi Pesilat Tangguh dan Hebat bagi Pemula


Salam Jalan Badak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 cara yang harus pemula lakukan agar menjadi pesilat hebat dan tangguh"

Post a Comment