pengertian ekonomi, penjelasan tentang ilmu ekonomi, pendapat berbagai tokoh tentang ilmu ekonomi

selamat malam pembaca setia  blog jalan badak. pada postingan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang ilmu ekonomi. langsung saja tanpa banyak basa basi. berikut ulasan lengkapnya


kata ekonomi berasal dari bahasa yunani, yaitu oikonomia. kata oikonomia berasal dari 2 kata. oiokos dan nomos. kata oikos berarti keluarga atau rumah tangga dan nomos berarti peraturan, aturan, atau hukum. oikonomia secara umum adalah aturan masyarakat sebagai hukum kodrat yang menetapkan rumah tanggan yang baik. 


pemikiran tentang ekonomi pun mulai berkembang, hingga berbagai tokoh mengemukakan pendapatnya tentang ilmu ekonomi. berikut tokoh tokoh yang mengemukakan pendapat tentang ilmu ekonomi dan pendapatnya  :

a. Adam Smith 
Adam Smith mengatakan bahwa ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. (Jain dan Khanna, 2006)

b. J. B. Say
J. B. Say menyatakan bahwa ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan. (Jain dan Khanna, 2006)

c. J. S. Mill
menurut J. S. Mill, ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.  (Jain dan Khanna, 2006)

d. Alfred Marshall
Alfred Marshall mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengna pencapaian dan penggunaan kesejahteraan material. (Alfred Marshall, 2012)

e. Penson
menurut Penson, ekonomi adalah ilmu ilmu kesejahteraan material. (Jain dan Ohri, 2010)

f. Lionel Robbins
Lionel Robbins mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scare means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan. (Robbins, 2007)

g. Richard G. Lipsey
Richard G. Lipsey menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. (Lipsey, Ragan, dan Storer, 2007)

h. N. Gregory Mankiw
N. Gregory Mankiw menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber sumber daya yang langka. (Mankiw, 2011).

i. Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison
Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka. (Ekelund, Ressler, dan Tollison, 2006).

j. Paul A. Samuelson
Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai cara berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa yang akan datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. (Samuelson dan Nordhaus, 2009).


Dari semua pendapat diatas memiliki pokok pikiran yang hampir sama. namun, admin lebih setuju dengan pendapat dari Paul A. Samuelson karena lebih terperinci dan mengandung keseluruhan pendapat para ahli, yaitu :

Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai cara berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa yang akan datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. (Samuelson dan Nordhaus, 2009).

Dari pengertian yang telah di paparkan di atas keseluruhan terdapat beberapa hal penting, yaitu sebagai berikut :

a. ilmu ekonomi mempelajari perilaku manusia dan masyarakat.

b. sumber daya (faktor produksi) yang digunakan bersifat langka, tetapi memiliki beberapa alternatif penggunaan.

c. sumber daya digunakan untuk memproduksi berbagai komoditas.

d. terdapat 3 kegiatan pokok ekonomi, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.




Daftar Pustaka Referensi bacaan (sebagai refensi bacaan anda)

Mardiyatmo, Januari 2010, Economics 1, yudhistira.

Alam dan Rudianto, Oktober 2013, Ekonomi untuk SMA/MA kelas X kurikulum 2013 kelompok peminatan, penerbit Erlangga


demikian psotingan kali ini mengenai ilmu ekonomi. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pengertian ekonomi, penjelasan tentang ilmu ekonomi, pendapat berbagai tokoh tentang ilmu ekonomi"

Post a Comment