Memilih 6 teks editor terbaik (Belajar HTML sederhana)

Setelah sebelumnya kita telah menuntaskan pembahasan mengenai "apa itu tag, element, dan atribut html?", kita akan melanjutkan perkenalan kepada html, yaitu perihal web browser dan teks editor mana yang akan kita gunakan. Sudah pada tahu mengenai web browser dan text editor? Tenang, kita akan mulai secara perlahan. Satu persatu akan kita kupas hingga tuntas.

baca juga : Pengertian html dan fungsi/kegunaannya (terlengkap)

Bagi SobatCula yang pemula, atau katakanlah baru ingin mempelajari html dari nol, mungkin sekarang bertanya-tanya, Bagaimana saya membuat kode html? Apa seperti hacker di film-film?Dimana saya bisa menulis html? Sabar... kita bahas perlahan satu-satu. Sekarang, duduk dengan nyaman, dan siapkan beberapa camilan agar  bisa menyimak artikel ini hingga tuntas.

Untuk penulisan html, kita bisa menulisnya menggunakan teks editor. Apa itu teks editor? Teks editor adalah aplikasi yang dipakai untuk menulis syntax, yang pada pembahasan kali ini diaplikasikan pada penulisan html.

info : syntax(sintaks) dapat dimaknai sebagai aturan baahasa pemrograman yang harus ditaati agar tercapainya tujuan dari seorang programmer. Sederhananya, syntax ini bisa dibilang kaidah kebahasaan. Mengapa harus ada syntax? Karena bahasa pemrograman ada banyak dan komputer harus bisa mengerti di setiap bahasanya. Oleh karena itu, setiap bahasa pemrograman memiliki syntax yang berbeda-beda.

Aplikasi teks editor kini sangat banyak dan beragam. Hal ini tentu membuat kita yang baru belajar atau sebagai pemula, bingung untuk memilih mana yang terbaik diantara ke semua aplikasi tersebut.

Untuk teks editor yang paling mudah kita jumpai adalah notepad. Aplikasi ini biasanya telah melekat pada sistem operasi windows. Kalo di indonesia sih kebanyakan menggunakan sistem operasi windows. Jadi, sangat mudah untuk menjumpai notepad.

Gambar 1 : Aplikasi Notepad


Selain lewat pc, kita juga bisa menulis html lewat smartphone. Untuk aplikasi teks editor di mobile, saya pernah memakai aplikasi quick edit. Aplikasinya juga cukup ringan di ponsel, yaitu hanya berukuran sekitar 3,3 MB saja. Namun, saya menyarankan kalo ingin menulis html ya lewat pc saja, tapi bagi yang tidak memiliki pc/laptop tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi quick edit via mobile. 
Gambar 2 : Aplikasi quick edit (untuk mobile smartphone)

Selanjutnya, akan kita bahas mengenai beberapa teks editor terbaik untuk pc/komputer. Yang mana sih, Aplikasi teks editor terbaik untuk komputer/laptop? Berikut adalah aplikasi teks editor terbaik pilihan jalanbadak.com

Aplikasi teks editor terbaik


1. Notepad
Gambar 3 : Aplikasi notepad

Seperti yang sudah jalanbadak.com utarakan di atas, Bahwa notepad bisa dijadikan sebagai teks editor. Notepad bawaan sistem operasi windows memang bukan yang terlengkap dalam vitur sebagai teks editor. Tapi saya memasukkan aplikasi ini ke dalam jajaran aplikasi teks editor terbaik karena aplikasi ini sangat sederhana. Sangat mudah bagi pemula yang baru belajar. Apalagi kalau digunakan hanya untuk menulis html saja. Kan hmtl bukan termasuk coding. Jadi, tidak bergitu rumit dan membingungkan. Lho Html bukan coding? tenang, saya akan bahas di lain waktu untuk pertanyaan ini, terus ikuti jalanbadak.com biar nggak ketinggalan pembahasannya.

2. Notepad++


Gamabr 4 : Aplikasi Notepad ++. Sederhana, namun lebih kompleks 
jika dibandingkan dengan Notepad biasa 
bawaan sistem operasi windows

Selanjutnya, adalah aplikasi yang sering saya pakai untuk menulis html maupun bahasa pemrograman yang lain. Apk ini bernama Notepad ++. Aplikasi ini memiliki ciri khas background putih dan memiliki vitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan notepad bawaan dari sistem operasi windows.

Di dalam aplikasi ini terdapat tools sebagai sarana pendukung. Salah satunya adalah Menu Language yang digunakan untuk mempermudah dalam membedakan setiap bahasa pemrograman. Jadi, dokumen lebih mudah disimpan dalam berbagai ekstensi.

Teks editor ini bisa dipakai di windows dan juga gratis alias dalam artian tidak berbayar untuk bisa memiliki aplikasi ini. SobatCula bisa mendowload aplikasi Notepad++ ini di http://notepad-plus-plus.org

3. Sublime text editor


gambar 5 : Sublime text editor. Ciri khas 
background coklat, nampak elegan dan profesional.

Sublime text editor adalah salah satu aplikasi teks editor yang paling banyak digunakan oleh programer di seluruh dunia. Warna background yang kecoklatan membuat setiap penggunanya terkesan profesional. 

Selain itu, aplikasi ini juga didukung oleh berbagai tools yang bisa mensupport kebutuhan seorang programmer.

Text editor ini tersedia bagi SobatCula pengguna windows, mac, dan Linux.

Situs resmi dari Aplikasi Sublime text editor http://sublimetext.com/ , bagi yang ingin mendowload silakan langsung kunjungi website resmi tersebut.

4. Atom


Gambar 6 : Aplikasi Teks editor bernama Atom


Teks editor selanjutnya adalah Aplikasi bernama atom. Sebenarnya aplikasi ini cukup mirip dengan teks editor sebelumya, yaitu Sublime text editor. Lantaran memiliki background yang juga gelap. Bedanya, Aplikasi ini berbobot lebih berat jika dibandingkan dengan sublime text editor.

Aplikasi ini akan menambah "look" profesional bagi penggunanya. Tapi, Kalo bagi kita yang baru belajar sepertinya jangan dulu deh pakai ini. Kalo pengen gaya gaya-an sih gapapa deh hehehe.

Untuk memiliki aplikasi ini, SobatCula bisa mendownload di http://atom.io . Langsung kunjungi saja web-nya melalui link tersebut. Cara download nya gampang kok.

5. Brackets


Gambar 7 :  Aplikasi teks editor bernama Bracket

Gambar 8 :  Aplikasi teks editor bernama Bracket


Aplikasi teks editor terbaik selanjutnya adalah Brackets. Sebenarnya aplikasi ini masih mirip juga dengan aplikasi sebelumnya, yaitu sublime text dan Atom. Karena juga memiliki latar belakang gelap. Elegan dan profesional juga nampak betul. 

Aplikasi ini tersedia untuk platform Linux, Mac, dan Windows. Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini sebagai pilihan teks editor, maka SobatCula bisa mendownload aplikasi ini di http://brackets.io/

6. Netbeans



Aplikasi teks editor terbaik yang terakhir adalah Netbeans. Aplikasi ini termasuk ke dalam deretan teks editor terbaik.

Aplikasi ini cukup menjadi andalan programmer di seluruh dunia. Desain yang unik dan tampilan yang rapi membuat aplikasi ini cukup menjadi rekomendasi.

Sayangnya aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi teks editor yang cukup berat. Yang pc/laptopnya belum support, sebaiknya memakai teks editor yang jalanbadak.com sebutkan di atas,


Nah, ulasan diatas adalah 6 daftar teks editor terbaik menurut jalanbadak.com. Teks editor diatas tidak hanya bisa digunakan untuk menulis html, namun bisa juga untuk menulis bahasa pemrograman seperti PHP, Java, C++, dan sebagainya. SobatCula bisa memilih sendiri mana Aplikasi teks editor terbaik yang sudah saya sebutkan diatas.

Saya rasa SobatCula sudah paham dengan web browser dan Teks editor. Tunggu update pembahasan mengenai html selajutnya. Bagikan artikel ini jika menurutmu bermanfaat.

baca juga pembahasan sebelumnya :

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Memilih 6 teks editor terbaik (Belajar HTML sederhana)"

  1. Sangat membantu om, cek ig kami ya om, ada yang baru nih dari kami ,hihihi

    ReplyDelete
  2. Lagi-lagi kamu terus yang komen. Btw gapapa deh :v
    Usahain nyambung sama konten kalo komen wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Ilmunya sangat bermanfaat, lengkap sekali dan tidak ditemukan di blog lainnya. Semoga blog ini semakin maju dan menjadi blog yang bermanfaat. Seperti yang telah diajarkan dalam islam, sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas @heza putra, semoga blog jalanbadak.com tetep konsisten memberikan informasi yang informatif kepada seluruh masyarakat. Jangan lupa like fanspage fb resmi jalanbadak.com di http://facebook.com/jalanbadakcom

      Delete
  4. Ditunggu mas penjelasan kalau html itu bukan coding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ditunggu saja penjelasan mengenai hal tersebut, biar nggak ketinggalan info sobatcula bisa like fanspage kami di fb http://facebook.com/jalanbadakcom

      Delete