Rangkuman Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar

Rangkuman Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar


Halo, Sahabat Jalan Badak!
kali ini admin akan berbagi postingan mengenai Pasar dan terbentuknya harga pasar. Admin akan memberikan rangkuman hingga menjadi ringkas untuk mempersingkat pembelajaran.lebih tepatnya,  hanya ingin mempermudah proses belajar kamu dengan lebih singkat. Ya tapi kalau ingin lebih lengkap dan jelasnya ya pelajari secara keseluruhan dan terperinci di buku buku ekonomi kelas X, misalnya buku ekonomi karya alam dan rudianto. Oke langusung saja, berikut pemaparan  tentang rangkuman pasar dan terbentuknya harga pasar.


1. Secara fungsional, pasar mengacu pada proses pertemuan antara pembeli, penjual, perantara, dan organisasi yang bertujuan untuk menciptakan adanya kontrak antara penjual dan pembeli. Dalam pertemuan itu, mereka menetapkan harga keseimbangan atau kesepakatan atas tingkat hargaberdasarkan permintaan dan penawaran.

2. Dalam kegiatan ekonomi, pasar antara lain mempunyai peran mengatur kegiatan produksi, menetapkan harga dan nilai barang, mendistribusikan barang dan jasa, menentukan jumlah pembelian dan penjualan, menentukan jumlah persediaan serta melakukan promosi.

3. Struktur pasar mempengaruhi bentuk pasar. bentuk bentuk pasar antara lain adalah pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang mencakup pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.

4. Pasar persaingan sempurna menggambarkan suatu keadaan, dimana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar benar merupakan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran.

5. Pasar monopoli adalah pasar tempat hanya ada satu penjual tempat hanya ada satu penjual yang menguasai pasar, dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat.

6. Pasar oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Jumlah perusahaan pada pasar oligopoli umumnya lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

7. Pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.

8.Permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.faktor faktor lain yang mempengaruhi permintaan selain harga adalah harga barang komplementer dan barang substitusi, jumlah pendapatan, jumlah penduduk, harapan atau ekspektasi masyarakat, perubahan tradisi, mode, dan selera masyarakat.

9. Penawaran (supply) adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Faktor faktor lain yang mempengaruhi penawaran adalah harga barang dan jasa lain yang terkait, sarana produksi, harga bahan baku, tingkat teknologi, jumlah produsen, ekspektasi atau harapan produsen.

10. Kurva permintaan adalah kurva yang menunjukkan penjumlahan dari kuantitas yang diminta oleh konsumen pada periode dan harga tertentu.

11. Dengan adanya perubahan harga, terjadi perubahan kuantitas yang diminta. Hal ini mengakibatkan pergerakan sepanjang kurva permintaan. pergeseran kurva permintaan terjadi karena ada perubahan faktor faktor selain harga. faktor faktor itu antara lain adalah harga barang pengganti (substitusi), pendapatan, jumlah penduduk, dan selera.

12. Kurva penawaran (supply curve) adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan. perubahan harga mengakibatkan perubahan kuantitas yang ditawarkan. hal ini menimbulkan pergerakan sepanjang kurva penawaran. pergeseran kurva penawaran terjadi karena ada perubahan faktor faktor diluar harga, seperti harga barang, dan jasa lain yang terkait, harga bahan baku, tingkat teknologi, jumlah produsen, serta ekspektasi atau harapan produsen.

13. Hukum permintaan menyatakan bahwa, "apabila harga meningkat, maka jumlah yang diminta menurun. Sebaliknya apabila harga menurun, maka jumlah yang diminta akan meningkat, ceteris paribus".

14. Hukum penawaran berbunyi : "Apabila harga suatu barang dan harga meningkat, maka penawaran meningkat. Sebaliknya, apabila harga menurun, maka jumlah yang ditawarkan pun menurun, ceteris paribus".

15. Harga keseimbangan terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva permintaan.

16.  Elastisitas permintaan adalah sebuah ukuran seberapa besar derajat kepekaan permintaan terhadap perubahan harga. berdasarkan derajat kepekaan (atau koefisien elastisitas) permintaan terhadap perubahan harga tersebut, permintaan terdiri dari permintaan elastis, inelastis, elastis uniter, inelastis sempurna, dan elastis sempurna.

17. Faktor faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan antara lain perubahan harga, harga barang komplementer dan barang substitusi, jumlah pendapatan, perubahan mode dan selera masyarakat, hari raya keagamaan, dan kondisi sosial dan ekonomi.

18. Elastisitas penawaran adalah sebuah ukuran seberapa besar derajat kepekaan penawaran terhadap perubahan harga. berdasarkan derajat kepekaan (atau koefisien elastisitas) penawaran terhadap perubahan harga tersebut, penawaran terdiri dari penawaran elastis, inelastis, elastis uniter, inelastis sempurna, dan elastis sempurna.

19. Faktor faktor yang memengaruhi elastisitas penawaran antara lain adalah kemajuan teknologi, biaya produksi, biaya produksi, persediaan sarana produksi, peningkatan jumlah produsen, peristiwa alam, ekspektasi atau harapan produsen, dan harga barang jasa lain


daftar pustaka :

Alam dan Rudianto, Oktober 2013, Ekonomi untuk SMA/MA kelas X kurikulum 2013 kelompok peminatan, penerbit Erlangga


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar"

Post a Comment