Hal-hal yang pasti dialami Blogger, Pemula wajib tahu!

Hal-hal yang pasti dialami Blogger, Pemula wajib tahu!




Belakangan ini, trend menjadi seorang blogger meningkat pesat. Berbondong-bondong, setiap harinya selalu ada saja orang yang mengawali menjadi seorang blogger. Entah sekedar coba-coba dan hobi menulis belaka, atau tergiur penghasilan jutaan rupiah. Mulai dari pelajar/mahasiswa hingga berbagai kalangan yang meskipun hanya tamatan sd dan smp turut andil dalam hal ini. Banyak sekali blog blog baru yang bermunculan setiap harinya. Ada yang berkualitas, tapi tak sedikit pula yang asal asalan. Ada yang memang hobi menulis.  Ada juga yang asal comot sana comot sini. Artikel copy paste!

Baca juga : apa itu blogger

Dari semua keberagaman dari seorang blogger. Ada hal-hal yang pasti dialami oleh sebagian besar blogger. Entah itu blogger pemula atau blogger profesional. Karena pada dasarnya, blogger profesional juga berasal dari seorang pemula. Berikut adalah hal hal yang pasti dialami oleh blogger!

Apa yang Harus Saya Tulis

Pertama, seorang blogger pasti pernah mengalami yang namanya kebingungan saat ingin menulis artikel. Tak ada bahan untuk dituangkan. Meskipun sudah duduk berjam jam menatap layar laptop/komputer, tak terselesaikan juga satu artikel. Bahkan terkadang, untuk mengawali kalimat pembuka saja susahnya bukan main.

Tips untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencatat ketika ada ide yang muncul. Bisa dicatat pakai notes di ponsel. Agar nanti kalau ada waktu untuk menulis, kamu bisa langsung mencurahkan ide yang pernah muncul. Tak lagi bingung apa yang mau ditulis.

Susah Konsisten!

Hal yang kedua adalah susah konsisten. Konsisten untuk menulis artikel setiap hari. Bagi blogger pemula, mengisi blog dengan artikel baru setiap hari adalah hal yang tak mudah. Perlu kesungguhan tekat dan keinginan. Jangankan untuk satu artikel sehari, istiqomah 1 artikel perminggu saja belum tentu dilakukan. Padahal, kita semua tahu kalau pengunjung setia suatu blog akan menunggu artikel dan postingan-postingan terbaru. Kalau blog sudah jarang diisi dengan konten-konten baru dan menarik, maka si pengunjung sudah pasti bosan. Visitor (pengunjung) pun pasti akan turun.

Untuk langsung membuat 1 artikel setiap hari  adalah satu hal yang sulit dilakukan. Namun, kamu bisa mengkikis perlahan kesulitan tersebut. Caranya adalah dengan konsisten menulis artikel dalam periode  tertentu. Misal, kamu awali dengan konsisten menulis artikel setiap 2 bulan sekali. Lakukan hal tersebut beberapa bulan. Hingga kamu merasa tak terbebani lagi ketika menulis artikel. Lalu, setelah merasa kamu konsisten dengan periode tersebut, tingkatkan intensitas menulismu. Dari yang semula 2 bulan sekali menjadi 1 bulan sekali. Lakukan seperti cara yang pertama tadi. Jangan terburu buru, yang penting konsiten.

Terus tingkatkan hingga mencapai target yang kamu inginkan. Kalau target kamu 1 artikel sehari, kamu harus bersabar melalui tahap-tahap diatas. Jangan memaksa langsung menulis 1 artikel perhari sebelum kamu terbiasa. Jangan anggap menulis sebagai beban. Santailah, mengalir saja ikuti alurnya. Lama tidak masalah, yang penting konsisten.

Sudah Banyak Posting Tapi Pengunjung Sedikit

Selanjutnya, hal yang sangat wajar dialami bagi seorang blogger adalah sudah sering posting artikel tapi hanya sedikit yang berkunjung. Ini merupakan pukulan keras bagi seorang blogger. Berasa yang dilakukan adalah percuma. Sudah capek capek berfikir dan menguras tenaga untuk meyelesaikan artikel. Tapi cuma segelintir orang yang membaca.

Mungkin kamu telah konsisten menulis artikel setiap hari untuk beberapa bulan. Tapi mengapa cuma segelintir orang yang berkunjung setiap harinya? hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Artikel tidak terindex, artikel kalah saing di 10 halaman pertama di google, artikel tidak original, pencarian memang sedikit, adalah beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab mengapa pengunjung sedikit padahal posting setiap hari.

Kamu bisa meminimalisir permasalahan tersebut dengan cara berikut : pertama, Rajin posting artikel berkualitas dan original setiap hari.Posting artikel setiap hari belum tentu mendatangkan banyak pengunjung, jika yang kamu tulis adalah artikel yang tidak berkualitas. Maka, tulislah artikel yang berkualitas. (salah satu ciri artikel berkualitas adalah artikel terdiri dari lebih dari 500 kata)

kedua, Riset kata kunci. Jika kamu berada pada halaman pertama google, maka kemungkinan besar, pengunjung akan membanjiri blog. Tapi, untuk mencapai pageone tentu tidak mudah. apalagi pada persaingan pencarian yang tinggi. Maka lakukan riset kata kunci. cari kata kunci yang minim persaingan. Agar kamu bisa berada pada laman pertama google, Ingat, fokus dulu agar kamu bisa mencapai page one. Jangan ikut ikutan posting artikel yang sedang viral jika kamu masih permula. Karena sudah pasti akan kalah saing.

ketiga, jika kamu menggunakan custom domain dan hosting. Pilihlah web penyedia layanan hosting yang berkualitas. jangan sampai hanya tergiur oleh harga murah tapi tidak berkualitas. Hosting dan domain yang sering suspend bisa menyebabkan peringkat blog menurun. Maka pilihlah layanan yang berkualitas.

keempat, pakailah template blog yang cepat diakses. Karena google lebih menyukai blog yang cepat diakses. Saya menyarankan agar menggunakan template yang responsive. Karena lebih fleksible di berbagai pengakses. Bisa lebih mudah untuk laptop, komputer, smartphone, dan sebagainya. Karena template responsive yang bisa menyesuaikan pengakses.

semoga dengan tips diatas, pengunjung blog kamu meningkat.

Baca juga : penyebab kegagalan blogger pemula

Ingin Cepat Pasang Iklan Padahal Pengunjung Masih Minim

Hal yang sering dialami oleh blogger, terutama blogger pemula, adalah ingin cepat cepat memasang iklan di blog mereka padahal pengunjung blog masih segelintir saja.Banyak sekali saya jumpai, pada komunitas komunitas blogger, para blogger menginginkan agar blog mereka dipasangi iklan. Meskipun pengunjung blognya masih minim. Visitor perhari 100-200 saja, sudah terburu-buru memasang iklan di blog. Setelah memasang iklan di blog maka akan timbul kekecewaan karena tak sesuai harapan. Menurut prediksi dan analisa mereka, blog mereka akan menghasilkan jutaan rupiah dengan visitor yang hanya segitu. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya. Mungkin, diposisi ini, akan timbul rasa bosan untuk nge-blog.

Saran saya untuk anda yang baru mengawali di dunia blogging. Fokuslah untuk menaikkan jumlah visitor (pengunjung) setiap harinya. Jangan terlalu memikirkan blog anda menghasilkan uang. Mengalirlah saja. Fokus menaikkan pengunjung blog, Baru jika nanti pengunjung sudah ribuan setiap hari, kamu bisa menghasilkan sesuatu dari blog.

Baca juga : apa itu cpc, cpm, dan istilah dalam adsense

Ditolak Google Adsense

Memang ditolak oleh google adsense belum tentu dialami oleh setiap blogger. Tapi kejadian ini sudah sangat sering dialami oleh para blogger.

Seperti yang kita ketahui bersama, jasa periklanan paling favorit adalah google adsense. Karena nilai CPC yang cukup tinggi dan iklan yang tidak mengganggu pengunjung. Tapi, Karena ingin cepat cepat menghasilkan sesuatu dari blog, banyak sekali yang mendaftar google adsense. Lalu akhirnya ditolak.

Alasan yang sering diberikan oleh google ketika menolak adalah konten tidak memadai, blog tidak sesuai kebijakan google, blog melanggar ketentuan google, dan sebagainya.

Tips yang dapat saya berikan agar dapat diterima oleh google adsense adalah dengan memperbanyak konten blog dengan artikel berkualitas serta original, memperbaiki template agar nampak jelas berbagai tools (navigasi, privacy police, dsb), menggunakan template yang sederhana.

Baca juga : trik diterima google adsense serta pengalaman blog jalan badak diterima

Takut artikel dinilai jelek

Mungkin hal yang satu ini cukup lazim dialami oleh blogger, terlebih lagi yang baru mencicipi sedikit akan dunia perbloggingan. Awalnya saya juga mengalami hal yang sama, yaitu takut artikel dinilai jelek oleh orang pembaca. Apalagi yang membaca artikel kita adalah orang yang kita kenal. Ada sedikit rasa malu apabila tulisan kita terkesan asal asalan dan tanda baca yang tak karuan. Padahal memang kesenangan menulis di blogger adalah pada disini.

Menjadi seorang blogger tentu memiliki keuntungan. Kamu bisa mengungkapkan apa yang ada di isi hatimu. Mengeluarkan semua keresahan yang ada. Tak ada yang mengharuskan agar menggunakan ejaan yang baik dan benar. Asalkan tulisan bisa dimengerti oleh pembaca. Serta tidak menimbulkan pelanggaran hukum dan sara.

Baca juga : keuntungan jadi blogger yang perlu diketahui !

Saran saya bagi kamu yang takut artikel dinilai jelek oleh orang lain, buang jauh jauh rasa itu. Jadikan kritik dan saran dari pembaca acuan agar tulisan dan konten yang kamu buat lebih menarik dan berkelas. Seiring berjalannya waktu, tulisan seorang blogger akan semakin menjadi baik. Apabila sering juga membaca artikel.

Jadi, jangan takut artikelmu dikritik jelek. Tetap semangat meningkatkan kualitas tulisanmu !

Itu adalah beberapa hal yang sering dialami oleh seorang blogger pemula. Apabila artikel ini dibaca oleh seorang master dalam dunia blogging, maka akan terlihat biasa biasa saja. Maksud saya menulis artikel ini adalah sebagai pengetahuan dan sarana meningkatkan skill, kualitas, dan semangat bagi blogger pemula.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-hal yang pasti dialami Blogger, Pemula wajib tahu!"

Post a Comment