Tips dan Trik jadi pengusaha sukses





Siapa itu pengusaha sukses ?


Pengusaha sukses adalah mereka yang mampu dan mau melihat dunia dari segi ekonomis, peluang, dan efisiensi. Berfikir berbeda dari kebanyakan orang lainnya. Ketika sebagian besar orang sedang terpuruk menghadapi masalah, pengusaha sukses malah melihat peluang ditengah masalah itu.

Juga saat orang lain jenuh, mengeluh, dan menyalahkan saat gagal, pengusaha sukses justru mengambil pelajaran berharga untuk hasil yang lebih baik. Kegagalan yang dialami dijadikan acuan untuk mengkoreksi dan mengevaluasi diri. Cari kesalahannya dimana, lalu perbaiki, atau pakai cara baru!

Contoh simple seorang pengusaha sukses yang mau melihat peluang ditengah masalah yang ada adalah ketika Kemacetan yang terjadi di kota kota besar dunia. Pengusaha sukses tak jenuh dan mengeluh. Justru mereka berfikir untuk bagaimana memanfaatkan hal ini. Ambil saja contoh Ojek Online. 

Para pemilik ojek online seperti Grab, Go-jek, Uber, dan sejenisnya adalah orang orang yang melihat peluang ditengah masalah. Harga yang ditawarkan pun cukup murah. Sekarang, Ojek Online tak hanya di kota besar saja, di kota kecil juga sudah sering dijumpai. Perusahaan tersebut terus berkembang.

Itu adalah beberapa gambaran mengenai pengusaha sukses. Apakah ada tips dan trik jadi pengusaha sukses ? Sudah siap jadi pengusaha ? Atau ingin sampai tua mengabdi menjadi karyawan ? Berikut adalah Tips dan Trik jadi Pengusaha Sukses.

Tips dan Trik jadi Pengusaha Sukses




  • Melihat Peluang Ditengah Masalah

Seperti yang sudah tertera diawal artikel. Salah satu ciri pengusaha sukses adalah melihat peluang diantara permasalahan. Bukan malah terpuruk jika mengahadapi masalah. Tentu, mereka yang ingin menjadi pengusaha sukses harus memiliki pola pikir ini.

Lihatlah peluang disekitar. Jangan banyak mengeluh jika menghadapi masalah. Ambil sisi positif, pikirkan solusi, lalu ambil peluangnya.

Kamu tinggal di desa ? Jadi minim peluang jadi pengusaha sukses ? Tidak! Peluang selalu ada. Tinggal kita yang mau menggali dan mengambil peluang itu atau tidak.

Contoh permasalahan di desa beserta contoh peluang bisnisnya :
Sebagian besar penduduk desa memelihara ternak. misal, sapi. Tapi, Masing-masing peternak mungkin hanya memiliki beberapa ekor sapi saja. Dalam kasus ini sapi yang diperlihara adalah sapi perah.

Susu sapi yang dihasilkan masing masing peternak terbatas. Cuma sedikit dan pasti pendistribusiannya juga terbatas.

Disini bisa kita ambil peluang bisnis. Mengapa para peternak tidak menjalin relasi antar sesama peternak untuk menciptakan usaha yang lebih besar dan berpotensi berkembang ? Tentu akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar pula.

Ketika para peternak menggabungkan susu sapinya, Akan tercipta pasokan dalam skala cukup besar dan stabil. Perusahaan susu sapi pun akan tertarik untuk mendirikan pabrik susu di dekat tempat tersebut. Para peternak menjadi pemasok. Dan sebagian warga lain yang menganggur bisa menjadi karyawan pabrik tersebut.

Banyak masalah teratasi bukan ? Maka dari itu, Lihat peluang ditengah masalah!

  • Fokus Pada Keahlian
Siapa sih yang tidak mengenal bill gates ? dikutip dari www.finansialku.com, Bill gates merupakan orang terkaya nomor dua di dunia. Setelah bertahun-tahun memegang rekor sebagai orang terkaya di dunia.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sosok Bill Gates sang milliarder. Salah satunya adalah dalam hal ketekukan. Bill Gates sedari kecil memang sangat tertarik perihal komputer. Saat remaja ia suka mengutak-atik komputer. Kesukaannya akan komputer membuat orang tuanya menyekolahkannya pada sekolah khusus.

Bill Gates sangat tekun mempelajari dunia komputer. Hingga pada suatu saat ia bersama rekannya menciptakan sebuah perangkat lunak yang kini hampir di setiap komputer ada. Ya, Microsoft.

Ciptaannya ini sukses membuat Bill Gates kaya raya. Hingga kini Bill Gates sering memberikan seminar untuk memotifasi.


  • Berfikir Inovatif dan Kreatif
Kita hidup di jaman yang dimana persaingan bisnis dan usaha sangat ketat. Kita dituntut untuk memiliki pembeda dengan usaha - usaha yang lain.

Kalau kita tidak memiliki pembeda, cukup susah rasanya untuk bisa bersaing dengan para pengusaha terdahulu. Dimana, para pengusaha terdahulu bisa sukses dengan hal sederhana karena masih minim persaingan. Sekarang masih mau jadi pengusaha yang sederhana ? Tentu susah!

Misal saja, Anda ingin berjualan bakso. Anda berjualan seperti orang pada umumnya. Maka hasil yang anda peroleh juga tak jauh dari kebanyakan orang. Atau bisa saja anda kalah saingan karena mereka telah menitih karir terlebih dahulu dan sudah punya nama.

Jadilah orang yang kreatif dan inovatif. Cari inovasi untuk usahamu! Misal, kita lihat artis yang terkenal dengan tubuh yang kekar dan otot yang besar. Agung Hercules. 

Ia berfikir inovatif dan Kreatif. Kita lihat usaha bakso dia. Ia jual BAKSO BARBEL. Tentu orang akan tertarik ketika melihat dan mendengar namanya. Apa sih bakso barbel? Kenapa kok namanya bakso barbel ? Apa sih spesialnya ? tentu itu adalah beberapa pertanyaan yang muncul akibat penasaran. Ini tentu bisa menarik konsumen untuk membeli produk mas agung hercules.

  • Menjalin Relasi
Seperti yang sudah kita ketahui pada tips sebelumnya, Bill Gates dan rekannya yang bernama Paul Allen sukses membuat perangkat lunak microsoft. Hampir setiap komputer punya perangkat lunak itu.

Bill Gates menjalin hubungan yang cukup baik dengan Rekannya, Paul Allen. Mereka memiliki hobi dan keahlian yang sama. Tentu hal ini memberikan keuntungan pada kedua belah pihak. Sama-sama maju dan berkembang. Hanya saja Bill Gates terlihat lebih sukses, sebagai orang terkaya nomor dua di dunia.

Tentu kesuksesan yang Bill Gates dapat saat ini, belum tentu tercipta jika ia tak menjalin relasi yang baik. Terlebih pada orang yang memiliki keahlian yang sama.

Jalin Relasi dan komunikasi yang baik! Ajak rekanmu untuk usaha dan sukses bareng!

Terus kunjungi Blog Jalan Badak

  • Usaha yang bagus adalah usaha yang dikerjakan, bukan cuma dipikirkan!

Tentu banyak sekali orang sulit memulai suatu bisnis. Lantaran terlalu banyak berfikir. Tidak berani mengambil resiko.

Risiko terbesar adalah ketika kamu tak mengambil diantara risiko itu.  Memang setiap usaha selalu ada risikonya. Tapi, saat terlalu takut untuk mengambil risiko itu, kamu telah tertinggal. Tertinggal oleh mereka yang mengambil peluang-beresiko  itu.

Memikirkan usaha yang akan dijalani memang baik. Namun, jika hanya memikirkan saja tanpa ada tindakan maka itu tak berguna.

Contoh saja pedagang di pasar. Ada banyak pedagang beras, cabai, bawang dan sebagainya. Bukankah terlalu berisiko berjualan bersama dengan orang yang dagangannya sama? mungkin itu yang ada dipikiran para pengecut!Nyatanya para pedagang di pasar bisa tetap untung.

Memang tak setiap hari memperoleh untung besar. Namanya juga usaha, ya ada untung ada rugi. Tapi setidaknya mereka pernah memperoleh keuntungan. Daripada mereka yang terlalu takut untuk memulai.

baca cerita motivasi berikut ini hingga tuntas.

Suatu ketika, ada dua orang pemuda bernama ferdian dan aceng. Mereka berdua tinggal di desa, dekat pegunungan. Sayangnya di desa mereka tidak ada sumber air. Kalau ingin mendapat air, harus pergi ke pegunungan yang jaraknya cukup jauh.

Suatu ketika, mereka berdua diberi pekerjaan oleh seorang juragan. Mereka harus mengambil air dari pegunungan menuju desa setiap hari. Upah yang ditawarkan cukup besar. Mereka pun lantas menerima pekerjaan tersebut.

Hari- hari pertama pekerjaan itu semua berjalan sesuai ekspektasi. Upah yang diterima bisa digunakan untuk hidup bermewah mewahan. Apalagi ferdian yang mengambil jam lembur untuk mengambil air.

Beberapa bulan berlalu, aceng mulai menyadari ada yang salah. Ia tak selamanya bisa mengambil pekerjaan ini. Apalagi tangan dan punggungnya yang sudah tak sekuat dulu. Ia mulai berfikir dengan kreatif, cara lain untuk memindahkan air dari pegunungan menuju desa.

Ia mencoba membuat saluran air yang menghubungkan pegunungan dengan desa. Ferdian menertawakan apa yang aceng sedang lakukan. Tapi, aceng tidak memperdulikan ejekan dan cemoohan itu. ia tetap fokus pada hasil akhir.

Hari demi hari aceng harus bekerja lebih keras. di siang hari ia mengambil air bersama ferdian. di sore hari ia melanjutkan pekerjaanya membuat saluran air.

Jam berganti hari, hari berganti bulan, bulan berganti tahun. Lama lama tubuh ferdian sudah tak kuat lagi bekerja. ia sering sakit sakitan. Uang juga sudah tak mengalir di hidupnya. Disisi lain, saluran air yang dibuat aceng hampir jadi.

Hingga pada akhirnya tibalah waktunya. Saluran air yang dibuat aceng telah berhasil mengalirkan air dari pegunungan menuju desa. Kini, Setiap hari penduduk membeli air yang telah dialirkan oleh aceng. Uang terus mengalir kepada aceng meskipun ia tidur, jalan jalan, dan berlibur. 

selesai.
(kisah motivasi ini terinspirasi melalui youtube)

Point yang ingin saya sampaikan adalah Anda harus merubah mental Ferdian yang bangga menjadi karyawan tanpa memikirkan masa tua. Bergantilah dengan mental Aceng yang berfikir secara jauh. Karena ia sadar tak selamanya ia bisa membarterkan waktu dengan uang. Kini ia tetap mendapatkan uang meskipun terlihat seperti tidak bekerja.

Berbeda dengan Ferdian yang bermental karyawan. Ia tak berfikir kedepan. Sama halnya dengan anda yang bekerja sebagai karyawan. Sekarang, mulailah untuk memikirkan masa tua. Anda tak bisa selamanya bekerja sebagai karyawan. Ada batasan pada tubuh anda. Bisa saja perusahaan dengan mudah memecat anda.

Lalu, jika perusahaan memecat anda, apa yang akan anda lakukan ?

Jika sekarang anda adalah seorang karyawan, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian uang untuk modal berwira usaha. Simpan penghasilan yang anda peroleh dalam bentuk yang terus bertambah nilainya, seperti Emas, Tanah, atau mungkin saham.

Lakukan usaha juga dengan perhitungan yang mantap.

Demikian tips dan trik jadi pengusaha sukses menurut blog Jalan Badak. Jika kamu punya pertanyaan, kritik, dan saran. Silakan tulis pada kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik jadi pengusaha sukses"

Post a Comment