Komponen dan Klasifikasi boiler

Setelah pada artikel sebelumnya membahas apa itu boiler, kini saatnya kita membahas apa saja komponen dan klasifikasi boiler

Komponen-komponen Boiler

Setelah mengerti tentang apa itu boiler, kini saatnya Anda untuk mengetahui apa saja komponen-komponen yang ada pada boiler.

Komponen utama boiler adalah Ruang Pembakaran (furnance), Pemanas Lanjutan (Super Heater), Air Heater, Drum air dan Drum uap, Dust collector, Soot Blower.

Sedangkan, komponen bantu dalam sistem ketel uap/boiler adalah sebagai berikut :
  • Deaerator
  • Air pengisi ketel (boiler feed water)
  • High pressure feed water pump
  • Secondary Fan
  • Induced Draft Fan (IDF)
  • Force Draft Fan (FDF)
  • Cerobong asap (Chimney)
  • Ash Conveyor
Klasifikasi Boiler

Untuk mengklasifikasikan boiler tentu ada tolak ukur yang akan digunakan. Boiler dapat diklasifikasikan menurut hal-hal berikut ini :

  • Berdasarkan fluida yang mengalir dalam pipa
  • Berdasarkan pemakaiannya
  • Berdasarkan letak dapur (furnace posisition)
  • Berdasarkan pada porosnya tutup drum (shell)
  • Berdasarkan pada sumber panasnya (heat source)

Klasifikasi Boiler berdasarkan fluida yang mengalir dalam pipa

Ini adalah cara mengklasifikasikan boiler yang paling umum, ada 2, yaitu Boiler Pipa Api dan Boiler Pipa Air. Apa perbedaan antara boiler pipa api dan boiler pipa air?




Boiler pipa api (Fire tube boiler)

Gas panas hasil dari pembakaran atau bisa kita sebut flue gas akan mengalir dalam pipa-pipa yang diselimuti oleh air sehingga terjadi proses perpindahan panas dari flue gas ke air. Air yang menyerap panas tersebut kemudian berubah menjadi uap sebagai hasil dari proses yang terjadi di boiler.

Boiler pipa air (Water tube boiler)

Pada boiler pipa air, air yang mengalir berada dalam pipa yang diselimuti gas panas hasil pembakaran yang berada di luar pipa. Air yang mengalir tersebut menerima transfer kalor dari pembakaran yang mampu mengubah fasenya menjadi uap.

Nah, perbedaan antara boiler pipa air dan boiler pipa api adalah siapakah fluida yang mengalir dalam pipa. Apakah itu airnya atau flue gas-nya.

Klasifikasi Boiler berdasarkan pemakaiannya

Klasifikasi yang kedua ini mengacu pada penggunaan boiler yang terkadang berbeda-beda. Ada boiler yang 'diam saja'. Artinya, boiler ini saat digunakan tidak dipindahkan posisinya melainkan tetap pada posisinya. Boiler jenis ini disebut Stasionary boiler. Contoh boiler jenis ini adalah boiler untuk pembangkit listrik, industri dan sebagainya.

Selanjutnya adalah mobile boiler atau bisa juga disebut sebagai portable boiler. Boiler jenis ini memungkinkan untuk dipindahkan pada proses penggunaannya. Artinya, tidak seperti stasionary boiler yang diam di tempat melainkan bisa dipindah posisinya. Contohny adalah pada lokomotif.

Klasifikasi Boiler berdasarkan letak dapur pembakaran (furnance position)

Ada dua jenis letak dapur sebagai tempat terjadinya pembakaran pada boiler, yaitu di dalam dan di luar. Ketel uap yang pembakarannya terjadi di dalam disebut (internally fired steam boiler) sedangkan ketel uap yang dapur pembakarannya terjadi di luar disebut (outernally fired steam boiler).

Klasifikasi Boiler berdasarkan pada porosnya tutup drum (shell)

Ini adalah klasifikasi yang saya bilang paling mudah untuk dibedakan. Kita hanya tinggal melihat posisi dari boiler. Ada dua jenis boiler pada klasifikasi berdasarkan pada porosnya tutup dram, yaitu boiler tegak dan boiler mendatar. Boiler tegak juga disebut (vertikal steam boiler) sedangkan boiler mendatar disebut (horizontal steam boiler).

Klasifikasi Boiler berdasarkan pada sumber panasnya (heat source)

  1. Ketel uap dengan bahan bakar alami
  2. Ketel uap dengan bahan bakar buatan
  3. Ketel uap dengan dapur listrik
  4. Ketel uap dengan energi nuklir

Nah, itu adalah beberapa klasifikasi yang dapat kita terapkan untuk boiler. Sebenarnya masih ada beberapa klaifikasi lain untuk boiler, seperti berdasarkan tekanan kerjanya, kapasitasnya, peredaran airnya, namun artikel ini akan sangat panjang jika saya memasukkan semuanya. Untuk itu, mari kita langsung membahas bagaimana cara kerja boiler pada pemaparan di bawah ini.

Baca selengkapnya : pengertian, komponen, dan cara kerja boiler

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Komponen dan Klasifikasi boiler"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete