10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C

Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C Bagi kita yang ingin memiliki SIM C secara legal dan taat hukum, tentunya harus lulus di serangkaian tes, yaitu ujian teori, praktik lapangan, dan praktik jalan raya SIM C. Pada pembahasan kali ini jalanbadak.com akan berbagi tips lulus ujian praktek angka 8 SIM C.




Setelah sebelumnya, saya juga menulis perihal cara membuat sim c, yaitu tips dan trik lulus sim C terbaru  dan artikel yang khusus membahas ujian teori, yaitu  tips lulus ujian teori sim C. Pada kesempatan ini, Kita akan menuju ke pembahasan mengenai tips lulus ujian praktek angka 8 Sim C.

Sebenarnya, Ada 5 rintangan yang harus pemohon SIM C lewati agar dapat dinyatakan lulus ujian praktik angka 8. Pemohon harus lulus pada :
  1. lintasan lurus
  2. lintasan berbentuk mirip angka 8
  3. lintasan zig-zag
  4. lintasan seperti huruf U
  5. lintasan persimpangan.
Tapi, mengapa sih mas, kok praktek tahap ini lebih familiar dengan sebutan praktek angka 8? Pada praktik Sim C tahap yang kedua ini(yang pertama adalah ujian teori), masyarakat lebih sering menyebutnya dengan sebutan praktik angka 8, karena ada satu lintasan yang berbentuk mirip angka 8. Lintasan yang berbentuk mirip dengan angka 8 ini terbukti banyak sekali menumbangkan pemohon SIM C. Bisa dibilang, lintasan ini menjadi momok yang menakutkan bagi pemohon SIM C.

Tapi, tenang saja, Anda tidak perlu takut, grogi, maupun gugup saat menghadapi lintasan ini maupun lintasan lainnya. Saya akan memberikan tips dan trik agar lulus ujian praktik angka 8. Yang mana, tips ini telah saya terapkan dulu sewaktu memohon Sim C dan alhamdulilah lulus ke tahap selanjutnya.

Oh ya, sebelum itu, bagi SobatCula yang belum mengetahui persyaratan memiliki SIM C terbaru, bisa membaca artikel saya sebelumnya, yaitu Persyaratan memiliki SIM C terbaru.

Baca juga : Persyaratan Membuat SIM C Terbaru, Simak Sampai akhir!

Baca Juga : Gampang Banget Lulus Ujian Teori SIM C! Tips JITU!

Baca Juga : Mengejutkan! Ini 10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C

Setelah tahu persyaratan memiliki SIM C dan sudah lulus ujian teori SIM C , mari kita ke pembahasan pokok, yaitu :

Tips dan trik lulus ujian praktek angka 8 SIM C

Berbekal pengalaman lulus ujian praktik angka 8 SIM C, saya memberanikan diri untuk berbagi tips agar lulus ujian praktik Sim C. Tips ini disusun berdasarkan pemngalaman dan analisa saya pribadi. Monggo disimak hingga akhir.

1. Latihan


Tips pertama agar anda lulus ujian praktik tahap ini adalah Latihan. Dengan latihan, anda akan lebih tahu seperti apa medan yang akan dihadapi. Begitu juga nanti pada  saat tes, anda tidak bingung melihat lintasan yang diujikan oleh petugas.

Selain itu, latihan juga bisa memunculkan rasa percaya diri saat menghadapi ujian. Rasa percaya diri ini sangat penting karena banyak sekali pemohon Sim C yang gagal  karena grogi atau tidak percaya diri. Oleh karena itu, perbanyak latihan sampai anda benar benar menguasai "medan pertempuran".

Jika anda tidak sempat latihan jauh-jauh hari sebelumnya, atau karena tidak ada tempat latihan, Anda bisa datang lebih awal menuju polres. Anda bisa minta kepada petugas agar diperbolehkan latihan sebentar. Biasanya sih boleh. Jangan buang momen ini. Ini sangat bagus bagi mental, dan kepercayaan diri.

2. Sarapan

Tips yang kedua adalah sarapan sebelum tes berlangsung. Sarapan menjadi hal yang perlu anda lakukan karena itu berpengaruh terhadap kelulusan melewati rintangan. Mengapa penting ?  Karena sebentar lagi kita akan diuji mengendarai motor untuk melewati berbagai rintangan, apalagi motor memiliki berat yang tak ringan. Perlu kekuatan untuk bisa menguasai motor dengan penuh. Jadi, jangan tinggalkan sarapan sebelum tes.

3. Berdoa

Selanjutnya, sebelum tes praktik ini dimulai, anda sebaiknya memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Biasanya berdoa dianggap hal yang sepele, padahal memiliki kekuatan yang dahsyat.

Selain itu, berdoa juga memengaruhi rasa percaya diri, yang di awal sudah saya jelaskan bahwa percaya diri saat tes itu perlu.

Setelah melakukan berbagai persiapan agar lulus ujian praktik tahap ini, selayaknya kita berserah dan berpasrah agar diberikan yang terbaik oleh sang pencipta.

"Doa tanpa usaha itu bohong, Usaha tanpa doa itu sombong" - unkwown

4. Perhatikan penjelasan petugas

Biasanya, sebelum tes praktik angka 8 berlangsung, petugas akan memberikan arahan dan urutan tahapan yang harus pemohon Sim c lewati. Anda harus benar benar memperhatikan apa yang telah disampaikan oleh petugas.

Jangan sampai anda lupa maupun tidak tahu, lintasan mana yang harus dilewati saat tes berlangsung. Tentunya konsentrasi akan buyar jika terjadi hal ini.

5. Bertanya pada petugas

Agar lebih memahami rintangan mana yang harus dilewati, anda perlu untuk bertanya kepada petugas saat petugas selesai memberi arahan. Bertanya pada petugas juga bisa membantu anda menenangkan pikiran sebelum tes dimulai. Agar suasana menjadi cair dan tidak tegang, saya sangat menyarankan agar anda memberanikan diri untuk bertanya pada petugas.

Baca juga : Persyaratan Membuat SIM C Terbaru, Simak Sampai akhir!

Baca Juga : Gampang Banget Lulus Ujian Teori SIM C! Tips JITU!

Baca Juga : Mengejutkan! Ini 10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C

6. Tips lintasan lurus

Lintasan pertama yang harus anda lalui biasanya adalah lintasan lurus. Anda harus melewati rintangan ini dengan kecepatan stabil 30 km/jam dan berhenti pada garis batas yang disediakan.

Tenang saja, saya yakin kalau anda sudah bisa mengendarai motor, pasti lulus deh kalo lewat rintangan ini. Intinya tenang saja saat melewati rintangan ini. Fokus kedepan, jangan gugup!

7. Tips lintasan angka 8

Sekarang kita menuju ke rintangan yang menjadi momok bagi pemohon Sim C, yaitu Lintasan angka 8.

Jika di tempat anda tes praktik ini memperbolehkan menggunakan motor milik pribadi, maka anda cukup beruntung dan harus memaksimalkan hal ini karena cenderung lebih bisa mengendalikan motor. Tapi tidak semua diperbolehkan menggunakan kendaraan milik pemohon, ada juga yang harus menggunakan motor yang telah disediakan. Biasanya disediakan motor bebek oleh petugas.

Tips agar lulus lintasan angka 8 ini adalah anda langsung saja masukkan gigi dua pada motor saat ingin mengawali tes. Mengapa langsung gigi 2 ? Karena motor bebek akan lebih stabil pada gigi 2 ketimbang gigi 1 jika melewati rintangan ini.

Selain itu, Tekan juga rem belakang selagi motor melaju. Artinya, anda harus ngegas motor sambil ngerem. Apa nggak berisik mas ? Iya betul, motor memang akan bersuara lebih berisik, tapi trik ini terbukti manjur untuk menstabilkan motor. Biarkan saja motor berisik, yang penting lulus hehehe.

Kemudian, saat melewati lintasan ini ambil garis terluar, tapi jangan sampai menyenggol traffic kun. Mengambil garis terluar bisa membuat anda lebih leluasa menguasai lintasan.

Pertahankan Kestabilan Motor agar bisa 3 putaran.

8. Tips lintasan zig-zag

Selain lintasan angka 8, ada juga lintasan zig zag. Agar lulus tahap ini, usahakan mengendarai motor jangan terlalu pelan maupun terlalu kencang. Anda juga bisa menggunakan tips yang tadi, yaitu ngegas sambil ngerem.

9. Tips lintasan huruf U

Saat melewati lintasan yang berbentuk seperti huruf u ini, Usahakan fokus saja pada roda depan agar berada di jalur yang disediakan. Roda belakang gimana? roda belakang tidak apa-apa jika tidak berada pada garis, asalkan tidak menyenggol atau merobohkan traffic kun.

10. Tips lintasan persimpangan (uji pengereman)

Ini adalah tes yang terakhir, yaitu lintasan persimpangan. Lintasan ini awalnya berbentuk lurus, kemudian di ujungnya ada persimpangan (kanan dan kiri). Anda harus memilih diantara keduanya. Pilih kanan atau kiri? Bisa kanan bisa juga kiri. Nanti petugas akan memberikan isyarat agar jalur mana yang harus anda lewati. Petugas memberikan isyarat ini saat anda dekat dengan persimpangan. Tes ini bertujuan untuk menguji kesiapan anda dalam melakukan pengereman.

Baca juga : Persyaratan Membuat SIM C Terbaru, Simak Sampai akhir!

Baca Juga : Gampang Banget Lulus Ujian Teori SIM C! Tips JITU!

Baca Juga : Mengejutkan! Ini 10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C

Jangan coba-coba menebak arah ya, karena sangat beresiko. Triknya adalah, kurangi kecepatan sebelum tiba di persimpangan, kemudian perhatikan arahana petugas. Jangan gugup, santai saja.

Demikian pembahasan kali ini mengenai 10 tips lulus ujian praktik angka 8 Sim C. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C"