10 cara mendapatkan uang dari internet (pekerjaan online)

cara mendapatkan uang dari internet - Pada artikel kali ini, akan kita bahas mengenai beberapa pekerjaan online yang bisa dijadikan ladang penghasilan. Tentunya akan kami jelaskan pula mengenai cara-cara mendapatkan uang dari internet.



Di zaman yang serba digital ini, masyarakat seakan tak bisa terlepas dari smartphone, PC, dan internet. Setiap hari selalu ada saja orang yang mengoperasikan ponsel/pc dengan terkoneksi internet. Tapi, tak semuanya tahu mengenai beberapa peluang pekerjaan yang bisa dilakukan dengan bermodalkan internet.

Kerja online adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang dengan menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

Sudah tahu apa saja pekerjaan online atau cara-cara mendapatkan uang dari internet ?

10 cara mendapatkan uang dari internet

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari internet (secara online). Bagi anda yang berminat silakan simak artikel ini hingga tuntas agar anda dapat memulai menghasilkan sesuatu dari internet.

1. Blogging

Blogging merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet. Anda bisa memulai blogging dan menjadi seorang blogger dengan cara membuat blog secara gratis melalui platform blogger.com maupun wordpress.org.

Blogging bisa menjadikan anda orang yang berpenghasilan ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah per bulan. Namun, untuk dapat memperoleh uang dari nge-blog tentunya tidaklah mudah. Perlu tahapan yang cukup panjang dan melelahkan, terlebih lagi bagi pemula.

baca juga : Penjelasan lengkap menjadi blogger pemula

Anda bisa memulai menjadi seorang blogger dengan cara menuliskan artikel di blog anda. Tuliskan saja artikel yang anda kuasai. Artinya, Anda disarankan untuk menuliskan artikel yang menjadi bidang anda. Tuliskan juga dengan jelas, lengkap, dan rapi.

Ketika artikel anda menarik dan diminati oleh pembaca, serta memiliki trafik kunjungan yang tinggi (ribuan setiap hari) barulah anda bisa menghasilkan sesuatu dari blog.

baca juga : Apa itu CPC dan CPM ?

Caranya adalah dengan menjadi publisher iklan. Anda bisa bekerja sama secara langsung dengan calon pengiklan, agar mau beriklan di blog Anda.

Selain itu, bisa juga menampilkan iklan dari jasa periklanan. Saya merekomendasikan jasa periklanan yang terbaik, yaitu Google Adsense. Selain karena nilai CPC yang lebih tinggi jika dibandingkan jasa periklanan lokal lainnya, google adsense juga terbukti menampilkan iklan yang terfilter. Lalu, Anda juga bisa memblokir iklan yang dirasa kurang pantas untuk ditampilkan.

baca juga : hal-hal yang pasti dialami blogger yang wajib diketahui oleh pemula

2. Youtuber

Kita tahu bahwa jumlah penduduk indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya hingga berjumlah ratusan juta penduduk. Tanpa disadari hal ini berpengaruh pada dunia online yang bisa kita manfaatkan.

Apa pengaruhnya ?

Dengan banyaknya jumlah pengguna dunia online, tak ayal jika bermunculan youtuber-youtuber baru namun karirnya bisa langsung melejit. Misal saja, Jess No Limit, Atta Halilintar, Ria Ricis, dan deretan youtuber hits masa kini.

Selain menjadi terkenal, Mereka juga memperoleh penghasilan yang cukup besar, karena mengUpload video di youtube yang kemudian viral dan menjadi perbincangan.

Anda juga bisa seperti mereka, yaitu berpenghasilan jutaan rupiah dari youtube. Tapi juga butuh proses dan perjuangan.

Mulalilah dengan mengUpload video yang menarik dan bermanfaat di Youtube. Kemudian, lakukanlah beberapa promosi kepada teman, kerabat, maupun komunitas terkait. Pelajari juga bagaimana cara SEO youtube, hingga video anda memiliki jutaan views maupun jutaan Subscriber.

Semoga sukses menghasilkan uang dari youtube!

3. Survey Online

Survey Online adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet yang bisa anda coba. Dalam sebuah survey online, perusahaan yang berbeda-beda, meminta pendapat anda mengenai produk atau layanan mereka, sehingga mereka bisa meningkatkan penjualannya. Sebagai rasa terima kasih mereka, Anda diberikan imbalan yang nominalnya berbeda-beda.

Dalam hal ini, anda dapat mendaftar dengan perusahaan yang berbeda yang memberikan pekerjaan online ini. Ketika anda telah bergabung dengan perusahaan survey online, Mereka akan mengirimkan survey-nya melalui email yang anda daftarkan.

Sayangnya, ada beberapa perusahaan yang ternyata tidak membayar survey. Ini banyak ditemukan. Jadi, anda harus selektif dalam melakukan survey online.

4. Jual Template Blog

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah dengan menjual template blog hasil karya anda sendiri. Anda bisa membuatnya dengan mempelajari beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Java Script, maupun PHP.

Perlu ketekunan dan kesabaran dalam mempelajari semua bahasa pemrograman tersebut hingga menjadikan sebuah template blog yang menarik. Selain itu, anda juga dituntut untuk membuat template yang SEO friendly dan berukuran ringan sehingga menguntungkan pembeli (blogger).

Anda bisa mencontoh sosok Mas Sugeng (pemilik sugeng.id) yang telah menciptakan beberapa template blog yang cukup terkenal. Viomagz dan Evomagz adalah beberapa template terkenal yang telah ia hasilkan.

Anda bisa belajar darinya.

5. Jualan di Marketplace

Ketika anda memiliki usaha atau produk yang berpotensi menarik perhatian kalayak ramai, namun terkendala keterbatasan lokasi. Anda bisa memilih untuk berjualan online di marketplace.

Marketplace adalah suatu tempat di internet, dimana banyak berkumpul penjual dan pembeli. Tempat ini bisa digunakan untuk menjual maupun membeli barang. Tergantung kebutuhan dari masing masing penggunanya. Oh ya, untuk mengaksesnya hanya perlu koneksi internet saja.

Untuk berjualan di marketplace, anda hanya perlu mendaftar dan melengkapi persyaratan yang diajukan. Untuk urusan pemeliharaan website atau maintenance itu bukan menjadi urusan/tanggung jawab anda. Hal tersebut menjadi urusan pihak marketplace.

Sekarang ini marketplace semakin berkembang, dibarengi juga dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap marketplace yang semakin tinggi. Hal tersebut mungkin dikarenakan sistem pengamanan traksaksi yang dikenal dengan rekber (Rekening Bersama).

Mungkin berdagang di marketplace adalah salah satu pilihan yang tepat untuk memperoleh uang dari internet.

6. Dropshipper

Jika anda belum terlalu yakin berdagang online dengan produk anda sendiri, tak ada salahnya bila anda mencoba sistem dropship.

Sitem dropship cocok dijalankan oleh para pelaku bisnis online yang masih pemula, lantaran anda sebagai pedagang tidak perlu mempunyai produk sendiri atau bahkan tidak harus memiliki stok produk terlebih dahulu sebelum ada pembeli. Jadi, lebih praktis dan tanpa modal.

bagaimana proses/caranya ?

Anda memasarkan suatu produk milik orang lain melalui toko online anda (setelah sebelumnya melakukan kerja sama dengan supplier), lalu ketika ada yang ingin memesan, pesanan tersebut diproses ke pihak supplier. Nah.. supplier inilah yang akan mengirimkan barang kepada pembeli tadi dengan nama toko anda. Sistem ini biasanya dikenal juga dengan istilah reseller.

baca juga : Tips dan trik jadi pengusaha sukses

7. Developer Aplikasi

Bila Anda adalah seorang yang menguasai dalam bidang pemrograman, tak ada salahnya untuk menciptakan aplikasi milik anda sendiri. Model bisnis seperti ini sedang naik daun dan berkembang pesat. Tak ayal jika bermunculan berbagai aplikasi viral, terutama dalam versi mobile.

Buatlah aplikasi yang menarik dan bermanfaat lalu upload di google play dengan biaya sekitar 25$. Kemudian promosikan agar banyak orang yang mau untuk menggunakan aplikasi yang anda buat. Jika telah diunduh jutaan kali, hal ini akan berpotensi menjadi pasif income bagi anda.

baca juga : Pengertian Html dan fungsinya

8. Selebgram

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan agar bisa menghasilkan uang dari internet adalah dengan menjadi seorang influencer. Salah satunya adalah melalui instagram, Selebgram.

Untuk menjadi selebgram sebenarnya terbilang gampang-gampang susah. Yang perlu anda lakukan adalah berpenampilan menarik di depan kamera, aktif memposting di instagram, serta berteman dengan rekan sesama selebgram atau seleb-tiktok.

Lakukan kolaborasi dengan selebgram lain (utamakan yang followers-nya lebih banyak darimu. Dengan demikian followers dari temanmu, sedikit banyak pasti juga akan mem-follow akun istragrammu.

Semakin banyak follower instagrammu, semakin besar pula potensimu untuk memperoleh uang. Setelah followers instagram milikmu dirasa cukup banyak, lakukanlah beberapa hal seperti Paid Promote Konten, Paid promote story, maupun meet n greet. Beberapa hal tersebut berpeluang memberimu income yang cukup banyak.

9. Jasa SEO

Google yang menjadi raja dari mesin pencari paling populer di dunia, hal ini kian membuat para penyedia layanan SEO (Search Engine Optimization) semakin dibutuhkan. Jasa ini membantu para publisher memperoleh trafik yang tinggi dengan cara meningkatkan peringkat artikel di mesin telusur. Artinya penyedia jasa SEO dituntut untuk membantu para pebisnis online meraih page one dalam mesin telusur seperti google, bing, safari, dan beberapa mesin pencari terkenal lainnya.

Semakin ketatnya persaingan di mesin pencari, semakin meningkat pula kesulitan dalam jasa SEO ini. Namun, hal tersebut pasti akan dibarengi dengan kenaikan gaji/upah yang diterima oleh seorang penyedia jasa SEO.

bagaimana ? tertarik menjadi seorang penyedia jasa SEO ?

10. Penulis lepas

Terakhir, hal yang bisa anda lakukan agar dapat memperoleh penghasilan dari internet adalah menjadi seorang penulis lepas. Sebelumnya kita telah membahas pekerjaan blogger. Kita tahu bahwa seorang blogger dituntut untuk dapat mengupdate artikel yang menarik dan bermanfaat di blog-nya.

Tapi terkadang, tak semua blogger mau bersabar dengan menulis artikelnya sendiri, atau memang ingin update banyak artikel per hari. Nah.. Anda bisa memanfaatkan hal ini! Anda bisa menjadi seorang penulis lepas. Artinya, anda menyediakan tulisan menarik berdasarkan judul/kata kunci yang mereka inginkan.

Jika masih awal-awal mungkin artikel anda masih belum memiliki harga yang signifikan, mungkin pada kisaran 10 ribu rupiah per 500 kata. Tapi, jika artikel yang anda produksi terbukti memiliki kualitas yang mumpuni, mungkin saja setiap artikel anda dihargai puluhan atau bahkan ratusan ribu rupiah.

Demikian pemaparan mengenai 10 cara mendapatkan uang dari internet yang bisa anda jadikan sebagai pekerjaan. jika ada kritik dan saran bisa di kolom komentar.

Bantu sebarkan biar yang lain pada tahu!
baca juga : Tips dan trik jadi pengusaha sukses

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 cara mendapatkan uang dari internet (pekerjaan online)"