Tips dan Trik Lulus Ujian Tes Sim C Terbaru

Tips dan Trik Lulus Ujian Tes Sim C Terbaru - Menyelesaikan setiap ujian Sim C merupakan syarat wajib bagi mereka yang ingin mendapatkan Sim C secara jujur dan tanpa kecurangan. Pemohon Sim C harus lulus di serangkaian ujian Sim C, yaitu lulus ujian teori, lulus ujian praktik lapangan atau 'angka 8', dan lulus ujian praktik jalan raya.



Sampai saat ini, masih banyak saja masyarakat yang kesulitan untuk lulus di semua ujian Sim C. Menurut saya pribadi, tes nya memang gampang-gampang susah sih. Ya nggak terlalu gampang tapi juga nggak susah-susah amat kok. Bisa dibilang itu tergantung dari anda. Ujian akan berjalan mulus jika anda melakukan persiapan yang tepat dan matang. Namun, akan terasa susah jika anda tidak punya bekal yang cukup serta kemauan untuk belajar, istilahnya sih tes asal-asalan.

Yang anda lakukan sekarang dengan membaca artikel ini adalah sesuatu yang tepat. Ini termasuk bagian dari persiapan yang cukup. Untuk itu, simak artikel ini hingga akhir agar anda dapat melenggang dengan mulus menyelesaikan serangkaian tes Sim C.

Sebelum pada bahasan pokok mengenai Tips lulus ujian sim C, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi persyaratan untuk membuat Sim C baru. Berikut adalah persyaratan yang harus anda penuhi ketika membuat/memohon Sim C.

Persyaratan Memohon Sim C



  • Memiliki KTP
Pertama, syarat untuk dapat memohon pembuatan Sim C baru adalah memiliki KTP (kartu tanda penduduk). Anda akan diminta untuk mengumpulkan fotocopy ktp beberapa lembar. Berdasar pengalaman saya pribadi, waktu itu saya disuruh fotocopy KTP sebanyak 2 lembar. Saran saya adalah anda sudah mempersiapkan beberapa lembar fotocopy-an KTP, tujuannya adalah untuk menyingkat waktu. Karena biasanya di Polres akan antre cukup lama. Bisa beberapa jam. Selain itu, bawa juga KTP yang asli.
  • Berusia minimal 17 tahun
Selanjutnya, Anda harus berusia minimal 17 tahun agar dapat memiliki sim C secara legal dan taat hukum. Syarat usia minimal ini juga harus anda penuhi, mengingat persyaratan ini terkait dengan psikis dan pola pikir.

Anda yang berusia setidaknya 17 tahun dianggap telah mampu untuk mengontrol emosi, sehingga saat berkendara di jalan raya tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.
  • Surat dokter/Surat keterangan sehat
Persyaratan yang ketiga adalah Surat keterangan sehat. Persyaratan ini juga merupakan syarat wajib yang harus anda bawa. Perlu diingat bahwa Anda tidak harus mengurus surat ini di dekat polres. Bisa juga mengurus di puskesmas dekat rumah. Bisa juga lewat dokter kesayangan anda.
  • Membayar biaya permohonan Sim C baru
Syarat keempat adalah membayar biaya permohonan Sim C baru. Berapa biayanya? Berdasar pengalaman pribadi, di tahun 2018 ini saya membayar senilai Rp.100.000,- sebagai biaya permohonan Sim C baru. Mungkin bisa saja terjadi perbedaan dalam nominal biaya ini, tapi saya yakin tidak akan jauh berbeda di berbagai daerah. Dan selama ini yang saya dengar memang nominal biayanya segitu.

Kapan kita bayar biaya ini? Kala itu saya membayar biaya ini setelah dinyatakan lulus di semua ujiannya. Baik itu ujian teori, praktek lapangan, maupun praktek jalan raya.
  • Mengisi formulir pendaftaran


Kelima adalah mengisi formulir perndaftaran. Saat mengisi formulir pendaftaran, usahakan seteliti mungkin. Agar tidak terjadi kesalahan saat penginputan data oleh petugas.

Baca juga : Persyaratan Membuat SIM C Terbaru, Simak Sampai akhir!

Baca Juga : Gampang Banget Lulus Ujian Teori SIM C! Tips JITU!

Baca Juga : Mengejutkan! Ini 10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C
  • Lulus ujian teori, praktik lapangan atau angka 8, dan praktik jalan raya
Nah, persyaratan selanjutnya agar anda dapat memperoleh Sim C adalah dengan lulus di semua ujian sim C, yaitu Ujian teori, Praktik lapangan, dan praktik jalan raya.

Ujian yang pertama adalah ujian teori. Ujian ini menggunakan media komputer. Jadi, tes nya tidak dibagikan kertas seperti anak sekolah lagi ulangan.

Ujian yang kedua adalah praktik lapangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan praktik angka 8. Masyarakat lebih sering menyebutnya praktik angka 8, lantaran banyak sekali pemohon Sim C yang gagal saat melewati jalur yang berbentuk mirip angka 8 ini.

Ujian yang ketiga adalah praktik jalan raya. Dulu, praktik ini dilakukan di jalan raya sungguhan. Namun, kini sudah banyak polres yang beralih melakukan pengujian di lingkungan polres saja. Mengingat keselamatan pemohon dan penguji. Termasuk juga di tempat saya membuat Sim C.
  • Membayar biaya asuransi (tidak wajib)
Pada saat melakukan pendaftaran anda bisa memilih untuk membayar biaya asuransi atau tidak. Karena biaya ini bukan merupakan syarat wajib. Tapi, bagi anda yang ingin memperoleh jaminan keselamatan yang lebih, maka tidak ada salahnya bila anda membayar biaya asuransi ini.

baca juga : persyaratan lengkap memiliki sim C

Setelah mengerti persyaratan untuk membuat Sim C baru, kita akan menuju ke pembahasan yang utama, yaitu Tips dan Trik Lulus Ujian Tes Sim C Terbaru. Tips ini merupakan hasil dari analisa saya sendiri berdasarkan pengalaman lulus semua ujian Sim C.

Tips dan Trik Lulus Ujian Tes Sim C Dengan Mudah

Ada tiga tes yang harus pemohon Sim C jalani, yaitu ujian teori, praktik lapangan, dan praktik jalan raya. Kita akan bahas satu per satu tipsnya.

Tips dan Trik Lulus Ujian Teori


Beberapa waktu lalu saya telah menuntaskan ujian teori untuk membuat Sim C dengan nilai yang cukup memuaskan, yaitu dengan nilai 90. Tentu saya dinyatakan lulus ujian teori karena memiliki nilai diatas nilai minimum, yaitu 75.

Sebenarnya untuk lulus ujian teori bisa dibilang sangat mudah. Anda bisa menjawab soal dengan hanya memakai logika saja. Namun, jika tidak tahu tips dan triknya, sangat mungkin untuk anda gagal dalam tes ini. Berikut tips yang bisa anda terapkan agar lulus ujian teori.

  • Pelajari rambu lalu lintas beserta maksudnya
Hal yang paling mendasar yang harus anda lakukan sebagai persiapan ujian teori Sim C adalah Mempelajari berbagai rambu lalu lintas yang berlaku. Beberapa rambu lalu lintas yang sering muncul di ujian adalah belok kanan, belok kiri, putar arah, kecepatan, dan sejenis.

  • Jangan terburu-buru menjawab soal
Nah, ini adalah hal yang sering menjadi kesalahan pemohon Sim C. Mereka terburu-buru menjawab soal karena terpacu dengan terbatasnya waktu.

Hati-hati! Biasanya ada beberapa soal yang menjebak. Simaklah soal hingga tuntas, baru menjawab "benar" atau "salah". Terkadang, ada soal yang baru menyebutkan soalnya diakhir video.

Contoh soal menjebak :

"Ketika akan berbelok ke arah kanan, pengendara harus menyalakan lampu sein kanan. Apakah benar yang dilakukan oleh pengendara tersebut?"

Nah, kesalahan yang sering terjadi adalah ketika soal belum sampai di "Apakah benar yang dilakukan oleh pengendara tersebut?" sudah banyak yang yang menjawab "benar". Padahal di layar bisa saja tertera video pengendara melanggar aturan. Maka seharusnya, anda menjawab "salah". Jadi, simak dulu video/soal hingga akhir baru menjawab.

  • Maksimalkan Waktu Menjawab Soal
Jika tadi saya menyarankan anda agar tidak terburu-buru menjawab soal, maka sekarang anda juga harus memiliki menejemen waktu yang baik. Anda memang jangan terburu-buru menjawab soal. Namun, anda memiliki waktu yang terbatas.

Biasanya setiap soal diberikan waktu 30 detik saja. Waktu ini biasanya cukup untuk melihat soal selama 2 atau 3 kali putaran per soal. Jika lebih dari waktu yang ditentukan, maka anda dianggap tidak menjawab soal dan otomatis salah. Untuk itu manfaatkan waktu menjawab soal dengan sebaik mungkin.
  • Datang Lebih Awal
Datang lebih awal juga merupakan hal yang perlu anda lakukan. Karena biasanya saat memohon Sim, akan banyak menyita waktu anda. Terlebih lagi bagi anda yang memiliki jarak rumah yang cukup jauh dengan polres.

Dengan datang lebih awal, anda bisa melihat lingkungan sekitar sambil mengingat rambu-rambu dan aturan yang sudah anda pelajari. Selain itu, di polres juga biasanya terpampang rambu lalu lintas dan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Anda bisa memanfaatkan hal ini.

  • Tidak perlu takut
Jangan ada perasaan takut dan grogi pada petugas atau polisi. Jika anda grogi, konsentrasi akan buyar. Semua yang telah dipelajari bisa saja hilang atau mendadak blank.

  • Membaca Tips dan Trik
Sesuatu yang sedang anda lakukan sekarang adalah suatu hal tepat dan positif. Karena ketika anda membaca tips dan trik seperti ini, akan menambah keyakinan anda untuk lulus ujian teori Sim C. Anda juga bisa bertanya tips dan trik kepada orang yang sudah lulus ujian sim C.

  • Soal yang hanya berisi video, jawabannya benar
Selanjutnya ini adalah trik berdasar analisa yang saya peroleh. Soal-soal yang hanya berisi video jawabannya adalah benar. Artinya adalah seperti ini, jika yang terpampang di layar komputer anda hanyalah sebuah video tanpa ada kalimat sebagai keterangan atau persoalan, maka kemungkinan besar jawabannya adalah benar.
  • Soal yang berisi video dan kalimat , jawabannya salah
Sedangkan untuk soal yang berisi video beserta kalimat penjelas atau kalimat pertanyaan maka jawabannya adalah salah. Maksudnya adalah seperti ini, jika yang ditampilakn oleh layar komputer anda adalah video dengan disertai tulisan kalimat maka kemungkinan besar jawabannya adalah salah. Saya dan teman telah mencoba trik ini dan alhamdulilah kami lulus ujian teori Sim C.
  • Berdoa
Tips terakhir agar lulus ujian teori Sim C adalah berdoa. Hal ini sering disepelekan oleh sebagian orang dan menganggapnya tidak penting. Padahal kekuatan doa itu sangat besar. Semua usaha dan persiapan yang anda lakukan bisa saja gagal jika tanpa ridho dari-Nya.

Setelah mengerti tips dan trik lulus ujian teori Sim C dengan mudah, mari kita lanjut ke pembahasan mengenai tips dan trik lulus ujian praktik angka 8.


Tips Lulus Ujian Praktik Angka 8




Selanjutnya, setelah lulus ujian teori adalah praktik lapangan atau yang mungkin anda lebih familiar dengan sebutan praktik angka 8. Masyarakat lebih sering menyebut ujian praktik ini dengan sebutan praktik angka 8 karena ada satu lintasan yang berbentuk mirip angka 8. Lintasan ini menjadi momok yang menakutkan karena terbukti banyak menumbangkan pemohon Sim C.

Selain lintasan berbentuk mirip angka 8 ini, anda juga harus menyelesaikan 4 rintangan yang lain, yaitu lintasan lurus, huruf u, zig-zag, dan uji pengereman. Tenang, jangan takut, kalau latihan dan tahu tips nya mudah kok.

Mungkin anda bertanya, "kok ada rintangan zig-zag sih, bukannya tidak boleh zig-zag di jalan raya?" saya juga tidak tahu secara pasti sebenarnya. Tapi, tujuan dari tes ini adalah untuk menguji skill individu setiap pengendara. Jadi, kalau anda mampu melewati semua ujian berarti anda dianggap telah mampu untuk mengendalikan motor secara penuh.

Lanjut lagi ke pembahasan, anda akan dinyatakan gagal ujian praktik ini jika :
  • Mengangkat kaki dari postep atau tumpuan telapak kaki
Jika anda mengangkat kaki dari postep selama ujian ini berlangsung. Maka anda dinyatakan gagal. Hal ini adalah salah satu yang pernah saya alami. Rasanya ya memang pasti nyesek, lha gagal cuma gara gara ngangkat kaki doang hahaha.
  • Kaki menyentuh tanah
kesalahan yang satu ini adalah kesalahan yang sangat umum dan wajar terjadi. Banyak sekali yang gagal dalam ujian karena faktor ini. 
  • Merobohkan traffik kun atau pembatas
Jika anda merobohkan traffik kun atau pembatas, maka anda juga dianggap gagal. Tapi, kalo cuma menyenggol sedikit dan tidak sampai roboh, biasanya petugas akan memaklumi.

Lanjut ke tipsnya. Untuk tips lulus ujian praktik angka 8 sebenarnya ada sebagian yang sama seperti tips ujian teori. Namun, ada beberapa tips khusus yaitu :

  • Perhatikan penjelasan dan arahan petugas
Pertama, anda harus memperhatikan dengan betul apa yang dijelaskan oleh petugas. Jangan sampai anda melamun/tidak memperhatikan saat dijelaskan. Usahakan bertanya kepada petugas. Selain untuk lebih memahami arahan, bertanya juga bisa membuat suasana menjadi cair dan anda lebih percaya diri.
  • Tips lintasan lurus
Pada saat melewati lintasan lurus pada umumnya masyarakat dapat dengan mudah melewati rintangan ini. Saya yakin jika anda sudah bisa mengendarai motor pasti akan mudah untuk lulus di rintangan ini.

  • Tips angka 8
Mungkin ini adalah tips yang ditunggu-tunggu. Oke langsung saja. Pada tes ini usahakan menggunakan motor yang biasa digunakan. Kalau biasa matic ya pakai matic saja, jangan sok sok an pakai kopling. Tapi, menurut info, sekarang kalau tes praktik ini memakai motor yang disediakan oleh petugas. Biasanya sih motor bebek.

Saat pakai motor bebek langsung masukkan ke gigi 2 karena motor akan lebih mudah dikendalikan. Selain itu, tekan juga rem belakang untuk membantu menstabilkan motor. Jadi anda harus ngegas sambil ngerem belakang. Mungkin motor akan  berbunyi lebih berisik jika memakai trik ini, tapi trik ini terbukti efektif menstabilkan motor agar lebih seimbang dan mudah dikendalikan.

Kemudian, usahakan ambil bagian terluar dari batas garis. Artinya, jangan terlalu ke dalam. Trik ini juga membantu memudahkan anda dalam berbelok dan meliuk liuk. Tetap tenang, jangan terburu-buru.
  • Tips zig-zag
Jangan terlalu sangat pelan saat melewati tahap ini. Motor semakin tidak seimbang kalau seperti itu. Tapi, jangan juga terlalu ngebut. Sedang sedang saja.

  • Tips huruf U
Fokus saja pada roda depan motor agar berada di jalur yang tepat. Karena yang dinilai hanya roda depan berada di jalurnya, tak peduli bahwa roda belakang melewati garis. Yang penting traffik kun tidak jatuh dan kaki anda tidak  menyentuh tanah.

  • Tips Uji Pengereman
Pada uji pengereman, anda akan diuji dalam kesigapan dalam mengerem. Nanti anda akan bertemu pada persimpangan, dan anda harus memilih diantara kedua jalur tersebut berdasarkan arahan petugas. Biasanya arahan petugas ini tiba-tiba, tapi tidak juga terlalu mendadak. Jangan coba-coba untuk menebak arah karena sangat beresiko gagal.

Tips Lulus Ujian Praktek Jalan Raya




Kini kita telah berada pada tahapan tes yang terakhir, yaitu tes jalan raya. Ada 12 gerakan yang menjadi bahan untuk diujikan dalam tes tahap ini. Tapi biasanya hanya 4-6 gerakan saja yang diujikan. Namun, anda harus benar-benar paham betul mengenai 12 gerakan ini. Karena kalau gagal tes ini anda harus mengulang sekitar 1 bulan lagi.

Saat tes ini, anda harus selalu mengambil jalur sebelah kiri. Biasanya petugas berada di tengah dan itu berarti petugas adalah pembatas antara lajur kanan dan kiri.

Perhatikan betul gerakan dan tiupan peluit petugas. Jangan terburu-buru menyimpulkan. Perhatikan hingga yakin betul.

Jangan terpacu pada orang yang di depan. Karena orang yang anda contoh belum tentu benar. Untung saja kalau yang anda contoh adalah orang yang sudah paham, lalu bagaimana jika yang anda contoh adalah orang yang juga tidak begitu paham ? Ini banyak terjadi, termasuk teman saya sendiri. Dan dia gagal.

Percayalah pada yang telah anda pelajari. Dan yang terakhir jangan lupa untuk berdoa.

Untuk 12 gerakan yang diujikan akan saya berikan di pembahasan yang lain. Jangan lupa ikuti terus jalanbadak.com biar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Baca juga : Persyaratan Membuat SIM C Terbaru, Simak Sampai akhir!

Baca Juga : Gampang Banget Lulus Ujian Teori SIM C! Tips JITU!

Baca Juga : Mengejutkan! Ini 10 Tips Lulus ujian praktek angka 8 Sim C

Demikian tips dan trik lulus ujian sim c yang bisa saya berikan. Tips ini berdasarkan analisa dan pengalaman pribadi. ya Mungkin orang lain punya tips yang berbeda tapi yang jelas, tips ini adalah yang saya terapkan saat lulus tes sim 2018 ini.

semoga bermanfaat. Share kalau menurutmu penting!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik Lulus Ujian Tes Sim C Terbaru"

Post a Comment