Pengertian dan fungsi HTML (terlengkap)

Pengertian dan fungsi html - Satu hari setelah Lebaran ini, saya akan membagikan sebuah artikel mengenai Pengertian dan Fungsi html. Oh ya, sebelumnya saya mau mengucapkan Selamat Hari Raya bagi Umat Muslim di seluruh dunia. Minal Aidzin Wal faidzin dan mohon maaf lahir dan batin SobatCula.

Sebenarnya, saya juga belum mahir betul perihal html. Saya juga masih belajar. Belum seperti mastah mastah terdahulu. Saya itu apa, bisa dibilang cuma bocah ingusan yang mengintip dunia html saja. Tapi, saya bakal memberanikan diri untuk update artikel yang membahas html. Karena saya rasa, saya perlu untuk berbagi ilmu bagi SobatCula. Meski alakadarnya. Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai pengertian dan fungsi html.

Barangkali ada suhu/mastah html yang membaca postingan ini, maka akan tampak biasa saja. Tapi, harapan saya, artikel ini akan membantu bagi SobatCula yang baru tahu dan baru mau belajar html.

Mungkin setelah ini saya bakal cukup sering membagikan kiriman seputar html.

Bagi SobatCula yang tertarik perihal html, silakan ikuti terus jalan badak, jangan lupa follow fanspage facebook resmi jalan badak melalui facebook.com/jalanbadakcom. Oke, sebelum lebih jauh belajar mengenai html, ada baiknya kita simak dahulu Pengertian dan Fungsi html. 



Pengertian dan fungsi HTML


A. Pengertian HTML

Hyper Text Markup Language atau yang lebih dikenal dengan sebutan HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web. Jika ditinjau dari pengertiannya, maka html akan sangat berhubungan dengan web. Html menjadi dasar dan sesuatu yang penting bagi sebuah website. Mengapa? karena jika diibaratkan sebuah web adalah rumah, maka html adalah pondasinya. Begitulah kira kira sederhananya.


note : bahasa markah adalah sistem modern untuk menganotasi dokumen secara sintaksis dan dibedakan dari teks (wikipedia)

file berbentuk html disimpan dengan ekstensi .html (dot html) dan dapat diakses melalui web browser (Google Chrome, Mozzila Firefox, Opera, Safari, dan lain-lain).

Di awal artikel ini, telah dijelaskan bahwa, HTML merupakan pondasi sebuah web. Namun, untuk membuat sebuah web, tidak hanya HTML saja. Itu tidak cukup. Untuk membuat website yang dinamis, kita memerluka bantuan CSS, PHP, dan JavaScript. Jika hanya menggunakan html saja, maka halaman website tersebut disebut halaman statis karena tidak memiliki aksi atau fungsi fungsi yang mengelola website. Mengapa demikian ? Karena developer harus disibukkan dengan harus mengubah lagi file HTML setiap ingin meng-update artikel.

Agar menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi pemformatan hypertext sederhana ditulis dalam berkas format ASCII sehingga menjadi sebuah halaman web dengan perintah-perintah html.

Setiap elemen di HTML tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsinya masing-masing. Artinya, setiap tag memiliki fungsi yang berbeda beda. Untuk penjelasan mengenai tag, elemen, dan berbagai istilah penting akan dimuat dalam postingan berikutnya. Kali ini hanya akan dijelaskan mengenai pengertian dan fungsi html.

Jadi, kesimpulan dari Html adalah pondasi/dasar dari sebuah web. Lalu, untuk mengakses atau menjalankan file ini menggunakan web browser dan file html ini disimpan dengan menggunakan ekstensi .html (dot html).

B. Fungsi HTML

HTML memiliki banyak fungsi yang erat kaitannya dengan sebuah website. Karena mengingat html adalah pondasi/dasar dari hal tersebut.

Berikut adalah beberapa Fungsi HTML :

  • membungkus elemen-elemen tertentu sesuai kebutuhan
  • membuat Tabel
  • membuat List
  • membuat format huruf (huruf tebal(bold), miring (italic), bergaris bawah (underline), dan berbagai pemformatan tulisan yang lain.
  • menampilkan gambar
  • menampilkan video
  • membuat heading atau format judul
  • membuat form (formulir)
  • membuat tombol
dan beberapa fungsi lain yang akan kita muat di postingan selanjutnya. 

Bagi SobatCula yang tertarik perihal html, silakan ikuti terus jalan badak, jangan lupa follow fanspage facebook resmi jalan badak melalui facebook.com/jalanbadakcom.

Penelusuran terkait :
Apa itu html, fungsi html, html adalah, pengertian html, html dan fungsinya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan fungsi HTML (terlengkap)"

Post a Comment