7 pertanda lebaran akan segera tiba

7 pertanda lebaran akan segera tiba

Setiap tahunnya umat muslim melaksanakan salah satu kewajiban yang biasa dilakukan 1 tahun sekali, yaitu berpuasa di bulan ramadhan. Umat muslim berpuasa selama 1 bulan penuh di bulan ini. Lalu, Setelah melaksanakan kewajiban berpuasa di bulan ramadhan, maka tibalah saatnya hari raya idul fitri, atau yang biasa di indonesia lebih dikenal dengan istilah lebaran.

Lebaran di indonesia bisa dibilang cukup unik. Mengapa unik ? Lantaran masyarakat indonesia melakukan berbagai persiapan menjelang lebaran dengan hal hal yang biasa kita jumpai sebelum lebaran. Yang mungkin persiapan ini belum tentu terjadi di negara lain. Nah, kalo masyarakat sudah mulai melakukan persiapan ini, itu tandanya lebaran akan segera tiba. Apa saja ? yuk simak 7 pertanda lebaran akan segera tiba





1. Tukar Uang Kecil
Salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat indonesia menjelang lebaran adalah menukarkan uang dengan pecahan kecil. Uang hasil tukar ini biasanya akan dibagikan kepada anak-anak, ponakan, atau sanak saudara saat lebaran.

Masyarakat rela antri berjam-jam di bank untuk sekedar menukarkan uang dengan uang pecahan kecil. Bahkan ada yang rela menukarkan uang dengan orang yang memang menyediakan jasa tukar uang, namun dengan nominal yang berbeda. Ada selisih lah pokoknya.

2. Menjemur kursi
Kedua, hal wajar yang dilakukan masyarakat sebelum lebaran adalah menjemur kursi. Terkadang, tidak hanya menjemur. Ada yang mencuci, mengelap, permak, atau bahkan ada yang sampai beli baru.

Kalo sampai beli baru sih mungkin akan diduduki pejabat saat lebaran nanti. hahaha.

3. Masjid Mulai Sepi
Berikutnya, hal ini juga bisa dijadikan pertanda bahwa lebaran akan segera tiba adalah masjid mulai sepi. Salah satu penyebab masjid menjadi sepi menjelang lebaran adalah masyarakat sibuk membeli baju, celana, maupun sandal baru.

Padahal saat bertamu(bersilaturahmi saat lebaran) nanti nggak ada yang bertanya, "baju kamu baru atau tidak?" atau "sandal kamu baru atau tidak?"
Ya bagaimana mau bertanya, lha wong sandalnya tidak dibawa masuk :D

4. Bersih bersih rumah
Selanjutnya, yang satu ini juga hal yang sangat lazim menjelang lebaran. Masyarakat berbondong bondong membersihkan rumahnya. Mulai dari mengepel lantai, mengecat dinding, membersihkan plafon. ya, pokoknya semuanya harus terlihat bersih.

ya kita doakan saja semoga setiap hari rumahnya selalu bersih, sebersih kalau mau lebaran.

5.Mencuci kendaraan
Yang satu ini juga cukup sering dilakukan masyarakat mendekati hari kemenangan, yaitu mencuci kendaraan. Masyarakat berbondong bondong mencuci kendaraan mereka, bahkan terkadang sampai rela antri berjam jam di tempat cucian motor. Padahal nanti saat silaturahmi di hari lebaran, motor/mobil tidak dibawa masuk ke ruang tamu.

6. Beli Perhiasan Baru
kemudian, hal yang cukup sering terlihat menjelang lebaran adalah, beli perhiasan baru. Biasanya sih ibu ibu nih kalo masalah ginian. Mereka berlomba lomba membeli perhiasan baru biar bisa dipamerin saat bersilaturahmi waktu lebaran.

7. Beli kue lebaran
Yang terkahir, Ini juga sangat lazim terjadi menjelang lebaran, yaitu membeli kue lebaran. Biasanya yang menjadi idaman adalah kue kering, kuping gajah, dan jajanan sejenis. Hal ini membuat harga dan permintaan kue lebaran meningkat pesat, tak ayal jika banyak bermunculan produsen dadakan menjelang lebaran.

nah, itu adalah 7 hal yang menjadi pertanda bahwa lebaran akan segera tiba. Bagaimana Sobatcula ? Ada hal lain yang bisa dijadikan pertanda menjelang lebaran ?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 pertanda lebaran akan segera tiba"

Post a Comment