Hal hal yang memengaruhi harga ponsel bekas



dewasa ini, ponsel seakan menjadi barang mewah yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Ratusan, jutaan, hingga puluhan juta adalah kisara harga dari ponsel saat ini. Hampir setiap orang selalu berganti ganti ponsel dalam periode waktu tertentu.

lalu, bagaimana dengan ponsel lama mereka?

sebagian besar orang yang berganti ponsel ke model terbaru, akan menjual ponsel lama mereka. Ya mungkin sudah tidak terpakai lagi makanya dijual.

Namun, saat dijual, terkadang harga jual ponsel bekas terebut jadi jatuh. Harga jualnya terkadang sangat jauh dari harga barunya. Tapi, ada juga yang hanya berbeda sedikit.

Mengapa demikian ?

Berikut adalah beberapa hal yang memengaruhi harga ponsel

1. Kondisi barang
pertama, hal yang paling berpengaruh pada nilai jual ponsel bekas adalah keadaannya. Jika kondsi barang mulus tanpa lecet dan goresan, tentu ini akan mendongkrak harganya.

Biasanya penjual ponsel yang menjual ponsel bekas kondisi mulus akan menyebutkan istilah Barang Like New ( seperti baru ).

Tujuannya ya itu tadi, mendongkrak harga untuk melejit.

Namun, jika kondisi ponsel memiliki kekurangan seperti layar pecah, minus LCD, tombol tidak bisa, speker kasar, dsb. maka sudah pasti harga ponsel bekas tersebut akan langsung terjun bebas. Hancur!

2. Merk
kedua, hal yang juga berpengaruh pada harga ponsel bekas adalah merk/brand.

Tentu kita tahu, masyarakat akan lebih percaya dengan ponsel yang memiliki rekam jejak yang unggul. Hal itu membuat, masyarakat cenderung mempertahankan harga jual ponsel bekas pada beberapa merk ponsel terkemuka.

Beberapa merk ponsel yang memiliki nilai jual yang hanya memiliki sedikit nilai penyusutan adalah samsung, apple iphone, nokia, dan sebagainya.

3. Kelengkapan
Selanjutnya, nilai jual ponsel bekas juga dipengaruhi oleh kelengkapan dari ponsel tersebut. Harga jual ponsel yang memiliki kelengkapan lengkap dengan ponsel setara namun hanya berkelengkapan charger saja tentu akan memiliki harga yang berbeda.

Beberapa hal yang menjadi perlengkapan ponsel adalah charger, earphone, dusbox, dsb.

Biasanya orang yang akan membeli ponsel bekas, namun ponsel tersebut minim kelengkapan, akan ragu. Akan ada pikiran bahwa ponsel tersebut adalah barang curian. Sehingga harganya jadi turun.

4. Keunggulan
Keempat, adalah keunggulan ponsel.

Ponsel yang memiliki berbagai keunggulan akan lebih bisa mempertahankan harganya. karena akan ada banyak permintaan tentang ponsel tersebut.

hal ini sesuai dengan hukum ekonomi tentang permintaan dan penawaran.

Beberapa contoh keunggulan ponsel adalah kapasitas ram/rom yang besar, baterai super awet, layar mewah/anti gores, kamera yang berkualitas, jaringan yang memadai, ponsel stabil, dan berbagai keunggulan lain.

5. Ketersediaan barang
kelima, tentang ketersediaan barang.

Jika suatu produsen ponsel membuat sebuah terobosan yaitu memproduksi ponsel dengan jumlah limited. Maka ketersediaannya di pasar pun langka.

jika sudah terjadi kelangkaan maka akan muncul kenaikan harga. Termasuk juga harga ponsel bekasnya.

Sesuai juga dengan prinsip/hukum ekonomi tentang permintaan dan penawaran.

6. Usia ponsel
keenam adalah usia ponsel.

Jika ponsel SobatCula memiliki kualitas yang mumpuni, kondisi yang mulus, dan kelengkapan yang memadai, akan bisa juga mengalami penurunan harga yang signifikan. Hal itu bisa terjadi jika ponsel tersebut telah berusia tua.

Ponsel yang berusia tidak memiliki cukup kepercayaan publik. Sehingga masyarakat menilai, ponsel yang sudah tua, pasti ada penurunan kualitas dan performa meskipun tak terlihat secara langsung.

7. Originalitas barang
Terakhir, hal yang memengaruhi harga ponsel bekas adalah keoriginalitasan ponsel.

Ponsel yang masih menggunakan sparepart asli, artinya belum pernah sevis dan masih segel, akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel yang sudah pernah servis.

Terlebih lagi jika sparepart yang baru dipasang adalah KW.

demikian Hal hal yang memengaruhi harga ponsel bekas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal hal yang memengaruhi harga ponsel bekas"

Post a Comment